10 Teknik Pijat Buat Kamu yang Sibuk Bekerja (Bagian 2)

pijat

Nah, di bagian 1 kita udah bahas 5 teknik pijat, sekarang bahas 5 lainnya yuk!

1. Pijat leher dan pundak

Capek karena berjam-jam duduk di depan komputer atau laptop? Nah, cara ini bisa kalian pakai. Letakkan kedua tangan di leher belakang, tekan dasar tulang tengkorak secara perlahan dan kuat. Tahan sekurang-kurangnya lima detik. Jika sudah, tundukkan kepala dan gunakan satu tangan yang dominan untuk memijat leher. Toleh ke samping dan pijat pundak kiri dengan tangan kanan hingga leher paling atas, dan lakukan sebaliknya. Bagaimana? Cukup gampang kan?

2. Remas lengan dan tangan

Mulai dari pundak, turun ke bawah hingga pergelangan tangan. Sesekali gunakan jempol untuk memijat-mijat bagian yang terasa kaku dan menahannya beberapa saat. Jika usai, ulangi sekali lagi setelah itu baru pindah tangan. Setelah kedua tangan selesai dipijit, sekarang masuk ke bagian yang sedikit sakit. Pencet daerah antara ibu jari dengan jari telunjung. Pijat perlahan. Ini akan membantumu meringankan sakit kepala. Kalau terasa nyeri, ditahan ya..

3. Pijat pinggang belakang

Sambil tetap duduk, raih pinggang belakang Teman Sehat. Gunakan jempol untuk menekan beberapa titik di sekitar tulang belakang (tahu kan tulang belakang yang mana?). Setelah itu, pijat daerah tulang belakang paling bawah dekat pantat. Kalau mau, Teman Sehat juga bisa memijat dengan cara menggenggam dan memutar-mutar genggaman di daerah tersebut. Ini akan efektif untuk kamu yang terlalu lama duduk loh. Coba deh!

4. Pijat tungkai dan kaki

Setelah tadi kita mulai dari bagian tubuh paling atas, sekarang kita sampai di alat gerak bawah, yakni kaki. Sambil tetap duduk, angkat kaki kanan dan letakkan di paha kiri (atau sebaliknya). Setelah itu remas menggunakan kedua tangan mulai dari paha, lutut, hingga pergelangan kaki. Pencet menggunakan jempol pada bagian yang kaku, atau buat garis imajiner yang nyaman untuk dipijit.

5. Pijat telapak kaki

Kalau Teman Sehat tau, teknik ini sering digunakan untuk pijat refleksi. Nah, Teman Sehat juga bisa melakukan sendiri saat lelah bekerja atau sepulang dari kantor. Caranya, lepas sepatu dan gunakan dua jempol untuk memijat-mijat seluruh area dari telapak kaki. Pijat dengan cukup kuat. Teman sehat juga bisa menambahkannya dengan pijitan di jari loh.

Nah, bagaimana Teman Sehat, sudah dicoba teknik-teknik pijat di atas? Semoga itu cukup membantumu yang begitu sibuk bekerja agar tetap segar ya. Semoga kerjaannya semua beres dan karir Teman Sehat melesat dengan cepat. Aamiiin! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *