3 Fakta yang Perlu Mamah Muda Ketahui!

Halo Teman Sehat! Apa kamu termasuk mamah muda? Atau akan menjadi mamah muda? Nah, kamu tau ngga Teman Sehat jadi seorang ibu itu perlu banyak persiapan? Yap, ngga hanya persiapan mental dan fisik, pengetahuan yang baik salah satunya tentang pola asuh anak itu juga penting loh! Nah, sebenarnya apa aja sih yang harus dipersiapkan? Cek di sini!

3 Fakta yang Harus Mamah Muda Ketahui

1. Pemberian Air Susu Ibu (ASI)

Teman Sehat tau kan kalau pemberian ASI adalah hal yang paling penting buat dilakukan semua ibu baik mamah muda ataupun yang udah berpengalaman? Oleh karena itu, seorang ibu wajib tau seberapa penting ASI itu bagi sang buah hati.

Perlu Teman Sehat ketahui, kalau ASI ngga bisa keluar sesaat atau bahkan beberapa jam setelah bayi lahir, mamah muda ngga usah cemas. Hal ini umum terjadi pada sebagian wanita loh. Faktanya, bayi normal mampu bertahan hingga kurang lebih tiga hari tanpa diberikan makanan apapun karena bayi masih punya cadangan energi bawaan saat di kandungan.

Buang jauh-jauh rasa khawatir dan putus asa ya, Teman Sehat karena kecemasan justru bisa membuat ASI ngga bisa keluar dengan lancar. Mamah muda juga memerlukan dukungan dari keluarga, tenaga kesehatan dan orang tersayang, utamanya dari sang pasangan.

2. Perlekatan Pemberian ASI

Pelekatan atau posisi yang benar saat menyusui seringkali membingungkan mamah muda. Sebagai pengalaman pertama, umumnya mereka merasa “canggung” dalam menemukan posisi menyusui yang nyaman.

Penting buat mamah muda ingat bahwa hal penting dalam menyusui adalah ibu dan bayi merasa nyaman. Jika bayi merasa nyaman itu bisa jadi tanda kalau posisi menyusuinya udah baik dan benar. Menurut Depkes, posisi yang tepat yakni antara telinga bayi, tangan ,dan kaki bayi berada dalam posisi sejajar sehingga kepala bayi menoleh ke payudara ibu dengan posisi badan yang nyaman pula.

3. Membedong Bayi, Mitos atau Fakta?

Banyak masyarakat meyakini kalau membedong bayi itu bisa bantu membuat kaki bayi akan lurus. Nah sebenarnya, belum ada loh penelitian yang menyatakan hubungan pembedongan terhad bentuk kaki bayi.

Sebenarnya, membedong bisa bermanfaat buat memberikan rasa hangat pada bayi saat lingkungan bayi cukup dingin, sehingga kalau bayi udah cukup hangat dengan udara sekitar, pembedongan dirasa ngga berpengaruh, Teman Sehat!

Itulah 3 hal dasar yang wajib dikuasai para mamah muda, Teman Sehat! Apa yang kamu ingin ketahui lagi tentang pola asuh? Yuk, komen di kolom komentar di bawah ini!

Editor & proofreader: Kurnia Dwi Juliani, S.Gz

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts