3 Hal tentang Obligasi Ritel Indonesia (ORI) yang Akan Kamu Lirik

Teman Sehat, selektif memilih sebelum berinvestasi merupakan hal mutlak yang harus dilakukan kalau ingin ngga ada penyesalan di kemudian hari. Sebagai bahan pertimbangan kamu, sekarang kita bahas tentang Obligasi Ritel Indonesia (ORI) yuk!

Obligasi Ritel Indonesia

Apa itu Obligasi Ritel Indonesia (ORI)?

Obligasi Ritel Indonesia (ORI) adalah salah satu alternatif investasi yang menjanjikan untuk jangka waktu menengah. Eitss, tapi sebelumnya, kamu harus paham dulu karakteristik ORI agar mendapatkan keuntungan yang lebih optimal.

Obligasi ritel adalah surat hutang yang diterbitkan oleh pemerintah dengan denominasi rupiah minimal Rp. 5.000.000 atau jumlah diatas itu dengan kelipatan Rp. 5.000.000. Pembayaran kupon obligasi ritel dilakukan setiap bulan. Jangka waktu (3 atau 4 tahun) dan bunga (coupon rate) ditetapkan sediri oleh pemerintah. Pendapatan bunga atas obligasi ini dikenakan pajak final sebesar 20%. Pemerintah bisa membeli kembali (buyback) ORI sebelum jatuh tempo dengan harga pasar. Pemerintah sebagai penerbit ORI juga menjaga kerahasiaan data pemilik ORI.

Untuk membeli obligasi ritel, kamu bisa membelinya pada agen penjual (bank atau perusahaan sekuritas) yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

Tata cara pembelian ORI sangat gampang

  1. Kamu tinggal datang ke bank atau perusahaan sekuritas yang menjadi agen penjual
  2. Kemudian membuka rekening
  3. Lakukan pendaftaran untuk menjadi nasabah agen penjual
  4. Lalu setor uang ke rekening agen penjual sesuai dengan nilai investasi yang dikehendaki
  5. Kemudian kamu diminta mengisi kelengkapan formulir pemesanan yang dilampiri dengan fotokopi KTP
  6. Setelah itu, pemerintah menetapkan hasil penjatahan kepada masing-masing agen penjual mengenai investor yang memperoleh alokasi pembelian ORI. Apabila kamu ngga mendapat alokasi penjatahan, kamu akan menerima uangnya kembali sehari sesudahnya atau tiga hari setelah pengumuman penjatahan.

Hasil gambar untuk Obligasi Ritel Indonesia (ORI)

ORI tergolong aman karena dijamin oleh pemerintah

ORI bertujuan membantu pemerintah dalam hal pengelolaan keuangan negara, hutang negara dan perekonomian agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang tinggi dengan tingkat inflasi yang terkendali.

Hal yang paling menarik dari berinvestasi obligasi ritel adalah suku bunga tetap dan keamanan terjamin yang diperoleh pemegang ORI.

Selain jaminan suku bunga tetap yang akan memberikanmu keuntungan tanpa takut merugi, kamu juga bisa membantu menstabilkan keuangan negara dan ikut menekan laju inflasi. Berbakti pada negara sekaligus mendapat keuntungan, paket komplit kan? (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *