3 Hal yang Mungkin Sebabkan Kamu Gagal Diet Terus

Image result for diet gagal

Halo Teman Sehat! Apakah kamu sering gagal diet?

Begitu sadar berat badannya bertambah, biasanya orang akan mencoba mengurangi makanannya. Awalnya menghindari sarapan, selanjutnya mengurangi porsi makan siang bahkan tidak makan malam sama sekali. Banyak orang beranggapan bahwa mengurangi asupan makanan akan segera membakar kelebihan lemak dan berat badan akan menyusut.

Apakah kamu setuju?

Sudah susah payah tidak makan, berat badan kok ngga turun-turun ya?

Hal yang perlu kamu tau adalah tidak makan sama sekali alias melaparkan diri ngga akan buat tubuhmu langsing dan bugar. Kurus engga, lemes hampir pingsan sih iya!

Nah, tapi kok masih ada ya orang yang udah mati-matian jaga makan, olahraga, dan melakukan segala aktivitas sehat lainnya, masih aja gagal mencapai berat badan impian, alias gagal diet?

Taukah kamu? Ternyata, banyak faktor yang bisa menyebabkan berat badan lebih.

1. Menurunnya fungsi kelenjar tiroid

Image result for Menurunnya fungsi kelenjar Tiroid

Penderita kegemukan yang mengalami gangguan tiroid kebanyakan tidak mengetahuinya. Umumnya mereka hanya akan dianjurkan menjaga pola makan padahal faktor genetik juga berperan dalam menentukan fungsi kelenjar tiroid.

Kelebihan berat badan akan sulit diatasi apabila fungsi tubuh ada yang tidak beres. Nah makanya, diet rendah kalori tidak bisa berhasil pada orang yang gemuk dan mengidap gangguan tiroid, selama tubuh mereka masih dalam kondisi kekurangan gizi karena membatasi asupan makannya.

2. Faktor Keluarga

Image result for keluarga gemuk

Kebanyakan kasus kegemukan lebih banyak dipengaruhi faktor keluarga daripada genetik. Walaupun faktor genetik bisa dijadikan alasan, namun sebenarnya faktor utamanya adalah gaya hidup yang ditanamkan sejak dini oleh keluarganya.

Jika orangtua yang kegemukan tetap membiasakan pola makan yang buruk di dalam keluarga, sudah tentu anak akan meneruskan kebiasaan tersebut dan kemungkinan besar untuk mewarisi kegemukan orang tuanya.

3. Faktor Psikologis

Image result for stress ingin makan

Faktor psikologis ini berkaitan dengan kondisi mental dan emosi seseorang. Apakah kamu termasuk orang yang ketika stres kemudian jadi banyak makan? Nah, itu! Hal ini terjadi karena coping stres yang kurang baik. Cobalah untuk mengalihkan stresmu ke hal lainnya, seperti olahraga!

Cara paling ampuh untuk menurunkan berat badan agar tetap sehat dan fit yaa ngga lain dan ngga bukan, cuma dengan menerapkan pedoman gizi seimbang dan olahraga minimal 3 kali/minggu! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *