3 Manfaat Daun Kelor buat Kesehatan yang Perlu Kamu Tau

Halo Teman Sehat! Apa yang kamu pikirkan saat mendengar daun kelor? Pasti ada yang berpikiran tentang ‘hal mistis’. Tapi bener ngga sih kalau ternyata daun kelor itu bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita? Yuk simak apa aja sih manfaatnya!

daun kelor

Teman Sehat, tanaman kelor atau dalam bahasa ilmiahnya bernama Moringa oleifera merupakan tumbuhan tropis yang mudah tumbuh di Indonesia. Tanaman ini terdiri atas batang, akar, dan daun. Ternyata, telah banyak penelitian dan literatur yang mengakatakan kalau tanaman kelor mengandung zat gizi yang baik bagi kesehatan. Tanaman ini banyak mengandung vitamin C dan vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, tanaman kelor juga mengandung kalsium, kalium, dan protein yang juga baik buat pertumbuhan anak. Tapi, gimana dengan manfaat daun kelor? Sama ngga sih dengan tanamannya?

1. Sebagai asupan zat gizi

Daun kelor: okezone.com

Tau ngga Teman Sehat, ternyata kandungan zat gizi yang paling penting ada di daun kelor adalah asam amino esensial. Asam amino esensial adalah bentuk terkecil dari protein yang berperan penting, namun ngga bisa diproduksi oleh tubuh, sehingga kamu harus mencarinya dari makanan sehari-hari. Selain itu, daun ini juga mengandung argenin dan histidin, yaitu asam amino yang dibutuhkan bayi yang baru lahir selama masa pertumbuhannya. Daun ini bisa dikonsumsi setelah kamu merebusnya sebentar, dimasak dengan sayuran lain, atau dikeringkan lalu ditambahkan ke makanan yang akan kamu makan.

2. Sebagai antioksidan

Antioksidan adalah zat baik yang akan menangkal radikal bebas agar jaringan di dalam tubuh ngga mudah rusak. Selain vitamin dan mineral, daun ini juga mengandung polifenol, zat yang bisa juga kamu temukan di green tea. Kandungan antioksidan di dalam daun ini ternyata ngga cuma ada di daun yang segar aja loh Teman Sehat, ternyata di daun yang kering pun kandungannya masih tetap ada. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Verma, zat antioksidan dalam daun kelor dapat menangkal radikal bebas secara optimal.

3. Sebagai anti bakteri

Menurut penelitian yang dilakukan Peixoto, ekstrak daun kelor berpotensi untuk menangani berbagai infeksi bakteri. Bakteri yang menginfeksi akan dihambat oleh aktivitas anti bakteri daun kelor. Bakteri yang bisa dihambat oleh ekstrak daun ini yaitu Salmonella aureus, E. coli, dan P. auregenosa yang menjadi penyebab gangguan saluran pencernaan.

Editor & Proofreader: Agatha, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *