3 Masalah Gigi dan Mulut yang Sering Dijumpai Saat Hamil

Masalah Gigi dan Mulut

Halo Teman Sehat! Pasti kamu udah tau kan kalau saat hamil, seorang perempuan akan mengalami banyak perubahan? Yap, termasuk perubahan fisiologis alias fungsi tubuh. Buat kamu yang belum, lagi, atau akan hamil, yuk simak ulasan ini supaya kamu bisa siap-siap!

Perubahan fisiologis selama kehamilan dapat memicu adanya masalah kesehatan. Salah satunya adalah masalah kesehatan gigi dan mulut.

Berikut ini 3 masalah gigi dan mulut yang sering dijumpai pada saat hamil yang perlu Teman Sehat tau.

1. Karies gigi (kerusakan gigi)

Ibu hamil lebih rentan terhadap kerusakan gigi. Hal ini karena meningkatnya lingkungan asam di dalam rongga mulut. Kondisi ini berpotensi meningkatkan demineralisasi (pelepasan mineral) pada gigi sehingga menyebabkan karies gigi. Selain itu, karies gigi juga dipengaruhi oleh konsumsi makanan tinggi gula, terutama gula sederhana.

Untuk megatasi masalah ini, disarankan bagi ibu hamil untuk menyikat gigi secara teratur menggunakan pasta gigi yang mengandung flourida. Juga disarankan menggunakan pencuci mulut yang mengandung flourida untuk menangkal adanya demineralisasi (pelepasan mineral) gigi akibat muntah-muntah. Selain itu, batasi konsumsi makanan yang manis, terutama yang tinggi gula.

2. Gingivitis

gingivitis

Gingivitis atau gusi berdarah adalah masalah paling umum yang terjadi pada sekitar 60-70% ibu hamil. Penyebab umum gusi berdarah adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh, naik turunya hormon terutama estrogen dan progesteron, serta adanya perubahan jumlah bakteri dalam mulut.

Saran bagi ibu hamil untuk mencegah terjadinya gusi berdarah adalah menyikat gigi secara teratur menggunakan pasta gigi yang mengandung flourida. Selain itu, cucilah mulut dengan menggunakan larutan yang mengandung garam (bersifat salin) untuk meringankan iritasi. Pencuci mulut yang mengandung chlorhexidine juga aman digunakan oleh ibu hamil.

3. Penyakit periodontal

Gingivitis yang tidak diatasi bisa menyebabkan terjadinya penyakit periodontal. Penyakit ini ditandai dengan adanya peradangan di sekitar gigi.

Sekitar 30% ibu hamil menderita periodontal disease. Parahnya, penyakit ini mungkin berhubungan dengan adanya kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah.

Untuk mengatasi masalah ini, disarankan bagi ibu hamil untuk berkonsultasi dengan dokter. Obat pencuci mulut harian (chlorhexidine) dengan dosis 0.12% disarankan untuk menurunkan perkembangan penyakit ini.

Ternyata, hampir bisa dipastikan bahwa cara ampuh untuk mencegah seluruh penyakit gigi dan mulut itu adalah dengan menyikat gigi secara teratur dan menggunakan obat pencuci mulut yang aman bagi ibu hamil. Selain itu, pastikan kalau kamu hamil nanti mengonsumsi cukup sumber kalsium dan vitamin C ya! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *