3 Mitos dan Fakta tentang Donor Darah yang Wajib Kamu Simak

perhatikan-hal-ini-sebelum-donor-darah

Halo Teman Sehat! Apakah kamu pernah donor darah? Atau kamu berencana untuk mendonorkan darahmu dalam waktu dekat?

Donor darah merupakan salah satu kegiatan mulia yang mungkin ngga akan pernah berakhir selama manusia ada. Pasti akan ada orang yang membutuhkan bantuan darah dari kamu, Teman Sehat. Atau, kamu juga mungkin akan membutuhkan bantuan darah dari orang lain di masa yang akan datang.

Tapi, masih banyak orang yang takut buat mendonorkan darahnya karena mitos-mitos yang beredar selama ini. Nah, supaya kamu tau kebenaran dari kabar burung yang beredar, nih coba simak 3 mitos dan fakta seputar donor darah. Check it out! 

1. Donor darah akan buat badan lemas dan darah kurang

Sebenarnya, proses donor darah hanya mengambil 250-500 cc darah. Jumlah itu ngga akan berpengaruh banyak karena tubuh kita memiliki persediaan darah hingga  5.000 cc alias 5 liter. Orang merasa lemas karena cemas yang berlebih, bukan karena darahnya berkurang. Jumlah sel darah yang didonor akan kembali seperti semula dalam seminggu.

2. Bisa tertular penyakit

Masih banyak orang yang takut kalau mendonorkan darah bisa terkena penyakit menular. Tenang aja Teman Sehat! Kecil banget kemungkinannya buat terjadi. Kenapa? Karena dalam bekerja, Palang Merah Indonesia (PMI) selalu mengikuti standar internasional sesuai PMI Amerika (American Red Cross Blood Services). Selain itu, petugas PMI juga telah terlatih dan jarum yang digunakan dipastikan steril dan sekali pakai. Jadi, kamu ngga perlu takut untuk tertular penyakit gara-gara donor darah ya!

3. Orang yang gemuk lebih sehat dan memiliki lebih banyak darah yang dapat didonasikan

Faktanya, kelebihan berat badan sebenarnya justru membuat orang menjadi kurang sehat dan ngga berarti punya lebih banyak darah. Jadi, calon pendonor darah ngga akan dilihat apakah gemuk atau kurus, yang penting kamu udah melewati berat badan minimal sesuai persyaratan. Selain itu, banyak orang yang bilang kalau donor darah bikin gemuk. Tapi, faktanya ngga begitu kok, Teman Sehat! Justru, penelitian dari University of California, San Diego menunjukkan bahwa donor darah bisa membakar sekitar 650 Kalori loh!

Nah, itu dia beberapa mitos dan fakta mengenai donor darah. Sekarang, kamu udah berani kan? Yuk , siapa takut ! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *