3 Tips Lawan Rambut Rontok untuk Para Hijabers!

Halo Teman Sehat! Buat kamu yang berhijab, keluhan apa sih terkait rambut yang sering terjadi? Salah satunya pasti tentang rambut yang rontok dan lepek. Berhijab sering kali dikaitkan menjadi sebab rambut semakin bermasalah karena ngga ada ruang nafas bagi rambut, padahal masalah tersebut bisa saja berkaitan dengan perlakuan dan perawatan rambut yang kurang tepat, karena masalah-masalah rambut tersebut juga banyak ditemui pada perempuan yang ngga berhijab loh.

Nah buat Teman Sehat yuk simak beberapa tips perawatan rambut bagi hijabers berikut ini yuk agar rambut ngga makin rontok dan lepek.

1. Keramaslah minimal 2 hari sekali

Bukan berarti dengan rambut tertutup menandakan rambut ngga terkena polusi sehingga ngga perlu dibersihkan, Teman Sehat. Eitsss ini salah besar ya Teman Sehat. Rambut yang menggunakan hijab akan lebih lembab karena keringat yang dikeluarkan kulit kepala menempel pada rambut. Nah dengan keramas rutin ini lah Teman Sehat bisa membersihkan keringat dan minyak yang secara alamiah dihasilkan oleh kulit kepala. Teman Sehat juga harus menggunakan shampoo yang tepat (ngga harus shampoo khusus) yang disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan rambut Teman Sehat. Selain itu Teman Sehat juga dianjurkan memberikan pijatan pijatan kecil pada kulit kepala saat keramas loh, Ini bermanfaat buat melancarkan peredaran darah di kepala Teman Sehat.

Baca juga : Manfaat Ginseng bagi Perawatan Rambut

2. Jika harus segera berkerudung setelah keramas, jangan lupa untuk dikeringkan terlebih dahulu ya

Pernah ngga Teman Sehat terburu-buru dalam beraktivitas sehingga terpaksa memakai kerudung dengan rambut basah? Ini salah besar ya Teman Sehat, rambut yang basah akan lebih mudah patah dan rontok. Bagaimanapun juga, usahakan sebisa mungkin buat mengeringkan rambut seusai keramas ya, sebelum menggunakan hijab. Selain membuat rambut mudah rontok, memakai hijab saat rambut basah juga membuat rambut berbau apek loh Teman Sehat.

3. Gerai rambut saat dirumah atau saat sedang ngga menggunakan hijab

Waktu di rumah merupakan salah satu kesempatan buat memberikan “ruang bebas” untuk rambutmu bernapas. Sebisa mungkin untuk menggerai rambut, agar rambut ngga terlalu lembab dan lepek.  Bila gerah, Teman Sehat bisa mencoba dengan menjepit rambut dibandingkan menguncirnya

Baca juga : Inilah Perawatan Rambut Mendasar yang Wajib Kamu Ketahui!

Nah, mudah bukan?  Teman Sehat kini tetap bisa untuk mempunyai rambut yang indah dan sehat sekalipun menggunakan hijab. Selamat tinggal rambut rontok dan lepek, Selamat mencoba, Teman Sehat!

 

Editor & Proofreader : Asiyah Mutmainnah, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *