3 Tips Supaya Kakek dan Nenek Tetap Bahagia

Halo, Teman Sehat! Kamu masih sering mengunjungi kakek atau nenek di kampung halaman? Yap, tapi kamu tau ngga? Terkadang kakek dan nenek terlihat ngga seceria dulu dan ngga bersemangat. Padahal menikmati hidup, bukan cuma jadi hak orang yang masih muda aja loh, Teman Sehat! Tapi mereka juga berhak dan bisa banget untuk menikmati hidup seperti kamu. Nah, kamu bisa lakukan tiga tips ini supaya kakek dan nenek kamu tetap bahagia. So, let’s check it out!

1. Menjaga aktivitas fisik

Aktivitas fisik adalah salah satu kunci buat memperbaiki  kondisi kesehatan fisik dan mental. Selain itu, aktivitas fisik yang rutin, bisa menurunkan risiko lansia dari berbagai macam penyakit penyebab kematian seperti kanker dan penyakit kardiovaskular.

Aktivitas fisik akan membuat psikologis lansia lebih baik dan menjauhkan mereka dari beban pikiran yang bisa mengakibatkan  stres. Walaupun pergerakan fisik kakek dan nenek mulai terbatas, mereka tetap bisa melakukan aktivitas fisik yang bertujuan buat mencegah kekakuan otot dan menjaga kebugarannya. Aktivitas fisik  yang bisa dilakukan yaitu olahraga ringan, seperti jalan jalan di pagi hari, yoga, ataupun bersepeda.

2. Bersosialisasi dengan masyarakat

Teman Sehat, pasti kamu tau kan? Kalau manusia itu makhluk sosial yang ngga bisa hidup sendiri. Ini juga berlaku loh, pada lansia. Melakukan aktivitas yang bermanfaat dan dilakukan secara bersama-sama atau kegiatan yang bersifat volunterering ternyata bisa memulihkan kesehatan mental lansia yang depresi, loh! Ini terjadi karena kegiatan volunteering dan berkumpul bersama bisa mereduksi  rasa stres yang dirasakan. Selain itu adanya perasaan dihargai dan dibutuhkan oleh orang lain juga memengaruhi hormon bahagia yang ada pada lansia.

3. Kurangi konsumsi gula, garam dan lemak

Banyaknya konsumsi makanan tinggi gula, garam, dan berlemak bisa meningkatkan risiko penyakit hipertensi, hiperkolesterol, hiperglikemia, juga stroke pada lansia. Mulai sekarang, kamu bisa membantu mengingatkan kakek dan nenek buat mengurangi konsumsi makanan yang asin, gurih, goreng-gorengan, dan jeroan.

Nah, sebagai gantinya, kamu bisa sarankan kakek dan nenek buat mengonsumsi sayur dan buah-buahan tinggi serat yang bisa menghambat penyerapan gula dan kolesterol berlebih dalam darah. Selain itu, makanan yang tinggi serat juga bisa mencegah masalah pencernaan (sembelit) yang menggangu lansia.

Teman Sehat, ternyata banyak hal yang bisa kamu lakukan agar kakek dan nenek bisa tetap bahagia di hari tuanya. Sekarang, udah saatnya kamu menyanyangi mereka dengan mengingatkan dan membantu menjaga kesehatannya. Jangan lupa ya, lakukan tiga tips tadi supaya mereka tetap Happy!

 

Editor & Proofreader : Firda Shabrina, STp.

 

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *