4 Cara Berikut Bantu Basmi Jerawat secara Alami

Halo, Teman Sehat! Apakah kamu mengalami jerawat yang susah hilang? Berjerawat adalah hal yang umum dialami seseorang terutama setelah memasuki fase pubertas. Yang jadi masalah utama adalah kebiasaan memencet jerawat. Teman Sehat termasuk salah satu yang suka ‘gemes’ saat jerawat muncul dan buru-buru memencetnya?

Tahukah Teman Sehat kalau kebiasaan memencet jerawat bisa menyebabkan kerusakan pada kulit wajah? Yap, ketimbang menghilangkan paksa jerawat dengan cara yang ngga aman, lebih baik Teman Sehat mencoba cara-cata berikut untuk membantu menghilangkan jerawat secara alami.

1. Madu

Salah satu khasiat madu yaitu kandungan antibiotik yang terkandung di dalamnya. Hasil penelitian Peter C. Molan tahun 1992 dari Departement of Biological Sciences, University of Waikoto, Selandia Baru menunjukkan bahwa madu mengandung zat antibiotik yang bisa melawan serangan berbagai kuman penyebab penyakit. Hal ini juga didukung oleh penelitian Kamaruddin tahun 1887, peneliti dari Departement of Biochemistry, Faculty of Medicine, University of Malaya, yang menemukan di dalam madu terkandung zat anti mikrobial yang bisa menghambat penyakit.

Teman Sehat pasti udah ngga asing lagi dengan produk lebah yang satu ini. Nah, madu bisa digunakan sebagai obat untuk mencegah timbulnya jerawat maupun infeksi yang membuat meradangnya jerawat. Teman Sehat bisa mengoleskan madu menggunakan kapas di daerah wajah yang berjerawat kemudian dibiarkan selama 20-35 menit. Setelah itu, cuci menggunakan air bersih.

2. Es batu

Es batu bisa dijadikan sebagai salah satu media untuk menghilangkan jerawat. Hal ini dikarenakan es batu akan berperan dalam meningkatkan sirkulasi darah di area yang ditumbuhi jerawat. Es batu bisa mengecilkan pori-pori kulit, menghilangkan kotoran serta minyak berlebih pada wajah. Caranya simpel, cukup letakan es batu pada area wajah yang berjerawat sehingga bakteri penyebab jerawat akan mati. Tapi, jangan menekan terlalu keras untuk area sensitif seperti daerah mata. Penekanan terlalu keras menyebabkan rusaknya kapiler kecil di bawah kulit.

3. Tomat

Tomat merupakan buah yang kaya akan Vitamin A dan C. Kandungan vitamin tersebut membuat buah tomat sangat baik untuk dijadikan obat alami pembasmi jerawat. Selain itu, kandungan yang terdapat dalam tomat membantu proses penyembuhan jerawat. Tomat bisa membantu mengatasi pori-pori kulit yang besar, komedo dan minyak berlebih serta mengurangi noda merah akibat jerawat yang meradang. Teman Sehat tertarik mencobanya?

4. Jeruk nipis

Varietas jeruk yang bentuknya mungil berwarna hijau ini ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat dan merawat kulit wajah. Khasiat jeruk nipis untuk kecantikan sebetulnya udah dikenal sejak zaman nenek moyang kita dahulu. Kandungan dominan yang terdapat dalam jeruk nipis adalah vitamin Vitamin C inilah yang membantu peremajaan sel-sel kulit sehingga melarutkan lemak ataupun minyak berlebih di wajah. Daripada menggunakan bahan-bahan kimia yang belum terjamin, lebih baik gunakan jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat.

Nah, itu dia 4 bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan jerawat. Ketimbang menghilangkan paksa jerawat dengan cara memencet, Teman Sehat bisa menerapkan salah satu solusi tersebut. Kamu punya tips lainnya, yuk share dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

 

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *