4 Fakta Es Kepal Milo yang Perlu Kamu Tau

Halo, Teman Sehat! Ngga kerasa ya, puasa sebentar lagi berakhir. Oh iya, walaupun puasa sebentar lagi mau berakhir, tapi kamu pasti ngga akan lupa rasa makanan viral ini. Yap, es kepal milo. Es serut yang dikepal menjadi bulat, lalu diberi bubuk milo, susu kental manis, dan topping seperti biskuit, mesis dan lain-lain.

Es ini, punya rasa manis yang tinggi, sehingga menjadi cemilan yang enak buat dikonsumsi setelah berpuasa. Tapi, kamu harus tau empat fakta tentang makanan viral ini, mau tau apa aja? Let’s check it out!

1. Energi yang dihasilkan

Sumber: foody.id

Energi (kalori) yang dihasilkan makanan ini berasal dari bubuk milo dan susu kental manis. Bubuk milo menghasilkan energi sebesar 150 kalori per porsi/35 g dan susu kental manis menghasilkan 130 kalori per porsi/42 g. Sehingga, total energi yang dihasilkan adalah 280 kalori dan akan berbeda jika kamu menambahkan topping tertentu, seperti biskuit, mesis, dan lain-lain. Jumlah energi yang dihasilkan, ternyata lebih besar dari satu porsi nasi yaitu, 175 kalori per porsi/100 g.

2. Kandungan gula pada es kepal

Kandungan gula pada es kepal, berasal dari bubuk milo dan susu kental manis. Bubuk milo mengandung 14 g gula/35 g. Sedangkan susu kental manis mengandung 19 g gula/42 g. Selain itu, penggunaan topping seperti mesis dan biskuit juga bisa menambahkan kandungan gula pada es kepal.

3. Jumlah gula yang dibutuhkan dalam sehari

Batas konsumsi gula dalam sehari berdasarkan permenkes nomor 30 tahun 2013 yaitu, ngga lebih dari 50 g atau 4 sendok makan. Jika kamu mengonsumsi  lebih dari yang dianjurkan, maka akan menyebabkan berbagai penyakit.

4. Konsumsi gula yang tinggi berhubungan dengan PTM

PTM atau penyakit tidak menular, berhubungan dengan kelebihan berat badan dan kegemukan karena kelebihan gizi. Obestas bisa terjadi jika kamu memiliki IMT > 25 dan bisa terjadi pada semua umur. Salah satu penyebab kelebihan gizi yaitu, konsumsi makanan yang tinggi gula. Jika kamu mengonsumsi gula dalam jumlah banyak secara berkelanjutan, maka akan meningkatkan resiko hipertensi, stroke, diabetes, dan serangan jantung.

Nah, Teman Sehat, sekarang kamu udah tau kan apa aja fakta es kepal milo? Kamu boleh aja mengonsumsi es kepal milo, tapi jangan berlebihan ya! Perhatikan juga jumlah gula dan kalori yang dibutuhkan agar kebutuhannya tercukupi.

 

Editor & Proofreader : Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *