4 Fakta Test Pack yang Perlu Kamu Tau

Halo, Teman Sehat! Memiliki buah hati merupakan dambaan bagi kamu yang sudah menikah, apalagi menanti si kecil yang akan meramaikan isi rumah. Nah bagi kamu yang masih menanti kehadiran si kecil, pasti sudah ngga asing lagi dengan penggunaan test pack.

Yap, test pack merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mendiagnosa kehamilan. Alat ini cenderung lebih murah, praktis, akurat, dan bisa kamu gunakan tanpa bantuan dokter. Nah sebenernya ini alat apa sih, dan gimana ya, cara kerjanya? Yuk cek 4 faktanya di sini!

1. Merupakan pengukur kadar hCG

Kalau kamu perhatikan, pada kemasan test pack pasti tertulis “hCG Urine Pregnancy test”. hCG merupakan singkatan dari hormon Chorionic Gonadotropin, yaitu hormon yang dihasilkan oleh jaringan plasenta saat terjadi pembuahan. Saat  kamu hamil, konsentrasi hCG yang ada di dalam urin akan meningkat dengan cepat dan saat mengetesnya dengan alat ini, kamu akan dengan mudah mendeteksi kehamilan secara cepat dan akurat

2. Pengujian test pack di pagi hari lebih akurat

Penggunaan test pack, memang dianjurkan pada urin pertama di pagi hari. Kenapa? Saat pagi hari, kadar hCG akan tinggi karena kamu ngga buang air kecil saat tidur, sehingga hCG terkumpul dalam urin. Alat ini masih bisa kamu gunakan pada siang hari, dengan catatan bahwa urin yang ditampung minimal  4 jam setelah pengeluaran urin sebelumnya.

3. Harga test pack ngga menjamin keakuratan alat

Kalau Teman Sehat perhatikan, harga test pack di pasaran mulai dari 3000 hingga 25000 rupiah. Jarak haraganya yang jauh, ternyata ngga memengaruhi keakuratan hasil test pack nya, loh! Keakuratan test pack bisa dilihat dari sensitivity terhadap hCG yang ada di kemasan. Semakin tinggi sensitivity-nya, maka keakuratan alat semakin baik. So, kalau dengan harga yang lebih murah tapi sensitivity nya sama, ngga akan masalah loh!

4. Digunakan hanya untuk deteksi kehamilan usia dini

Kalau Teman Sehat sedang hamil, maka sejak hari pertama telat haid kadar hCG bisa mencapai 100mIU/ml. Konsentrasi hCG akan mencapai puncaknya, saat kamu telat haid pada minggu kedelapan. Setelah itu, kadar hCG akan turun seiring dengan bertambahnya usia kehamilan dan akan kembali pada kadar normal. Sehingga, ngga akurat lagi jika kamu mendeteksi kehamilan pada usia kehamilan yang besar. Kamu bisa memeriksakannya langsung ke dokter kandungan agar lebih akurat.

Nah, sekarang kamu udah tau kan, fakta tentang test pack. Kamu bisa mengulangi  tes kehamilan menggunakan test pack hingga dua kali. Jika hasil kedua memberikan hasil yang sama, maka kamu ngga perlu lagi melakukan tes.

Kalau hasil kedua berbeda, maka kamu perlu kontrol kehamilan ke dokter kandungan untuk menggunakan tes lainnya. Tetap semangat, Teman Sehat menunggu si kecil. Karena si kecil merupakan anugerah terindah yang diberikan-Nya untuk kamu.

 

Editor & Proofreader : Firda Shabrina, S.TP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *