4 Hal tentang Lemak Trans yang Wajib Kamu Tau

Halo Teman Sehat! Istilah ‘lemak trans’ udah sering banget kan kamu dengar? Tapi, apa sih sebenernya itu? Emang beneran berbahaya buat kesehatan? Nah, coba simak 4 hal ini deh, Teman Sehat.

16330252 53616c7465645f5f638cdcf437b14c358d6d2fc97015c999fecaf

1. Lemak trans alami vs buatan

Terdapat 2 kelompok utama lemak trans yang ditemukan dalam makanan: lemak trans alami dan lemak trans buatan. Lemak trans alami dihasilkan dalam usus beberapa jenis hewan, sehingga makanan yang diproduksi oleh hewan itu mengandung lemak trans, misalnya produk susu dan daging. Meskipun demikian, kandungannya sangatlah sedikit, Teman Sehat. Sedangkan lemak trans buatan adalah hasil buatan industri dengan menambahkan hidrogen ke dalam minyak sayur untuk membuatnya padat.

2. Kenapa perusahaan menggunakan lemak jenis ini?

Lemak trans gampang buat digunakan, murah, dan bisa bertahan lama. Jenis lemak ini juga memberikan rasa yang lebih enak dan tekstur yang lebih lembut. Banyak restoran menggunakan minyak padat yang mengandung lemak trans buat menggoreng makanannya karena bisa dipakai berkali-kali. Misalnya, restoran fast food yang butuh banyak minyak buat memasak ayam goreng atau kentang goreng.

3. Apa dampaknya buat kesehatan?

Lemak ini lebih jahat dibandingkan dengan lemak jenuh, loh Teman Sehat. Lemak jenuh bisa meningkatkan kolesterol jahat (LDL), sementara ngga memberikan dampak kepada jumlah kolesterol baik (HDL). Sedangkan lemak trans, bisa meningkatkan jumlah kolesterol jahat (LDL) dan sekaligus menurunkan kolesterol baik (HDL). Dengan banyak mengonsumsi makanan sumber lemak trans, maka risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2 jadi semakin tinggi. Kamu ngga mau kan?

4. Apa aja sih makanan sumber lemak trans?

Partially hydrogenated oils” alias minyak yang dipadatkan adalah sumber utamanya. Gawatnya, lemak ini ditemukan pada banyak makanan, misalnya: margarin, kentang dan ayam goreng fast food, donat goreng, cake, biskuit, cookies, pizza beku, dan makanan beku lain dengan tekstur lembut.

5. Bagaimana cara mengurangi asupan lemak trans?

Pernahkah kamu mendengar makanan yang mengandung nol gram lemak trans? Nah, itu artinya ngga ada lemak trans pada makanan itu atau hanya mengandung kurang dari 0,5 gram per sajiannya. Kamu juga bisa menghindarinya dengan membaca label pangan. Kalau ada “partially hydrogenated oils” dalam komposisi makananmu, itu artinya makanan itu mengandung lemak trans.

Bagaimana pendapatmu? Yuk, tuliskan jawabanmu di kolom komentar! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *