4 Hal yang Harus Kamu Tau tentang Bayi Lahir Prematur

hari-prematur

Halo Teman Sehat! Taukah kamu? Bayi yang lahir prematur punya banyak tantangan kesehatan loh.

Menurut data, setiap tahun diperkirakan 15 juta bayi dilahirkan secara prematur alias dilahirkan sebelum waktunya, yaitu sebelum kehamilan mencapai 37 minggu. Padahal, kehamilan biasanya berlangsung selama 40 minggu.

Di Indonesia, sebanyak 16 kelahiran dari 100 kelahiran hidup diperkirakan sebagai kelahiran prematur. (World Health Organization)

 Emang apa sih yang terjadi pada bayi prematur?

Tukah kamu? Pada bulan ke-7, berat janin meningkat 50-100 gram per hari untuk menyempurnakan cadangan lemak, perkembangan organ seperti paru-paru, saluran pencernaan, dan ginjal.

Pada bulan ke-8 hingga 9, berat janin meningkat 100 gram setiap harinya, memiliki simpanan lemak, glikogen, dan zat gizi lain, dan ngga ketinggalan kalau fungsi organ akan terus disempurnakan.

Lalu, apa yang terjadi pada bayi yang dilahirkan pada usia 7 atau 8 bulan?

Yap! Cadangan lemak belum banyak tersimpan, cadangan zat gizi belum tersimpan banyak, dan fungsi organ belum sempurna. Itulah kenapa, bayi yang terlahir prematur bisa dikatakan ‘belum siap’ untuk lahir ke dunia.

Cadangan lemak yang masih sedikit membuat bayi yang lahir prematur gampang kedinginan dan bahkan hal ini jadi salah satu penyebab utama kematian pada bayi prematur.

Selain itu, tubuhnya belum berkembang secara sempurna, sehingga mereka mungkin banget punya masalah pernapasan dan menderita komplikasi lain termasuk penyakit infeksi.

Bayi yang lahir prematur juga biasanya memiliki berat lahir kurang dari 2.500 gram. Dengan berat lahir ini, bayi memiliki risiko penyakit tidak menular seperti diabetes dan hipertensi yang lebih tinggi ketika dewasa.

Setiap tahun, ada 1 juta bayi yang dilahirkan prematur meninggal. Kalau bayi prematur tidak ditangani dengan tepat setelah kelahirannya, bayi prematur bisa menghadapi banyak masalah kesehatan selama hidupnya.

Kenapa kelahiran prematur bisa terjadi?

Penyebab umum kelahiran prematur adalah kehamilan kembar, infeksi dan kondisi kronis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi, tetapi mungkin juga tidak ada penyebab spesifik yang bisa ditemukan.

Perempuan yang merokok, meminum alkohol, atau melakukan penyalahgunaan obat-obatan selama kehamilan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk melahirkan secara prematur. Stress selama kehamilan juga bisa menyebabkan hal ini terjadi.

Apa yang harus dilakukan pada bayi prematur?

Lebih dari 3/4 bayi yang dilahirkan prematur bisa ‘diselamatkan’ dengan memberikan kehangatan pada bayi melalui kangaroo mother care, dukungan ASI, dan perawatan dasar untuk infeksi dan masalah perapasan.

lahir prematur

Kangaroo mother care © UNICEF

Apakah kamu dilahirkan prematur? Selamat ya! Kamu adalah orang terpilih yang bisa mengatasi tantangan kesehatan sampai sekarang ini.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *