4 Manfaat Dadih yang Mungkin Belum Kamu Tau

Halo, Teman Sehat! Pernakah kalian mendengar kata dadih atau orang Minang biasa menyebutnya dadiah? Apa aja sih manfaat dadih?

dadih

Buatmu yang belum tau, dadih itu…

Dadih adalah yoghurt khas Minangkabau yang terbuat dari fermentasi susu kerbau. Dalam proses pembuatannya, dadih disimpan pada suhu ruang di dalam bambu lalu ditutup dengan daun pisang dan didiamkan selama 2-3 hari. Proses fermentasi ini menghasilkan tekstur yang menggumpal dengan rasa asam dan segar.

Dibalik kekhasannya, ternyata dadih menyimpan banyak manfaat bagi tubuh loh!

img_3333

Yap! Berikut ini adalah manfaat dadih yang Teman Sehat perlu ketahui.

1. Sumber protein

Dalam 1 gelas dadih, terkandung 5,93% protein, lebih tinggi dibandingkan youghurt biasa 3,91%. Selain itu, protein pada dadih mempunyai daya cerna yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu segar sehingga bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

2. Mengandung bakteri baik

Di dalam segelas dadih terkandung milyaran bakteri baik yang bersifat probiotik. Bakteri probiotik ini mampu menekan aktivitas sel tumor, meningkatkan sistem imun saluran pencernaan, serta menyehatkan saluran pencernaan secara keseluruhan.

3. Baik bagi penderita lactose intolerance

Lactose intolerance atau intoleransi laktosa merupakan gangguan pencernaan seperti kembung, bergas, dan diare setelah mengonsumsi susu atau produk susu. Sehingga kebanyakan orang yang mengalami keadaan tersebut akan menghindari konsumsi susu atau produk susu, padahal susu adalah sumber protein, kalsium, dan zat besi yang baik. Jika Teman Sehat mengalami keadaan yang sama, maka dadih hadir sebagai solusinya. Aktivitas bakteri baik yang terkandung dalam dadih mampu mengurangi intoleransi laktosa, mengurangi diare, dan memperkuat sistem imun tubuh.

4. Dapat menurunkan kadar kolesterol tubuh

Saat ini, kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji seolah menjadi tren di kota maupun di desa. Berbagai penelitian menunjukan bahwa kebiasaan tersebut berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit degenaratif seperti jantung koroner dan tekanan darah tinggi. Bagi Teman Sehat yang memiliki kebiasaan tersebut, alangkah baiknya memasukan dadih sebagai salah satu pilihan diet. Salah satu manfaat mengonsumsi dadih adalah untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Jadi, Teman Sehat ngga usah mikir-mikir lagi ya untuk menjadikan dadih sebagai salah pilihan diet sehat. Selain manfaat dadih yang kece, dengan mengonsumsi dadih berarti Teman Sehat telah membantu mewariskan budaya leluhur Indonesia. Ini budaya kita! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *