4 Olahraga untuk Lansia

Halo, Teman Sehat! Menurut Kementrian Sosial jumlah usia harapan hidup (UHH) pada tahun 2020 pada lansia yaitu 71,1 tahun, dengan perkiraan jumlah lansia sebanyak 28,8 juta atau 11,34%, loh. Bertambahnya jumlah penduduk lansia, maka perhatian yang diperlukan buat kelompok ini perlu ditingkatkan. Salah satunya dengan melakukan aktivitas olahraga.

Olahraga untuk lansia, diperlukan agar kesehatan mereka terjaga. Lansia direkomendasikan melakukan aktivitas fisik setidaknya selama 30 menit setiap hari dalam seminggu. Lansia dengan usia lebih dari 65 tahun, disarankan melakukan olahraga yang ngga terlalu membebani tulang. Terus, apa aja ya olaharga yang cocok untuk lansia ya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

1. Olahraga aerobik

Olahraga ini akan membuat jantung dan paru – paru bekerja lebih keras untuk memenuhi oksigen. Selain itu, aerobik juga bisa membantu para lansia buat membakar lemak yang berlebih di dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, kolesterol jahat, dan menjaga kesehatan jantung.

Contoh olahraga aerobik yaitu, berjalan, berenang, bersepeda, dan lainnya. Sebaiknya, olahraga ini dilakukan sekurangnya 20 menit dengan intensitas tinggi, yaitu 2 hari dalam seminggu atau 30 menit dengan intensitas sedang, yaitu 2 hari dalam seminggu.

2. Latihan menguatkan otot

Selain olahraga aerobik, lansia juga disarankan buat melakukan latihan penguatan otot. Otot yang kuat dan bugar, bisa memudahkan lansia untuk melakukan kegiatan sehari – hari secara mandiri. Latihan ini diperlukan untuk memperkuat dan menyokong otot dan jaringan ikat.

Contoh latihan penguatan otot seperti, berdiri dari kursi, ditahan beberapa detik dan dilakukan berulang atau aktivitas dengan tali elastik. Latihan ini bisa dilakukan setidaknya 2 hari dalam seminggu.

3. Latihan fleksibilitas

Sendi pada semua bagian tubuh, sangat penting buat mempertahankan fungsi keseimbangan dan kelincahan pada tubuh. Latihan fleksibilitas akan membantu mempertahankan gerak sendi. Latihan ini melibatkan peregangan otot dan sendi, yang dilakukan sebanyak 3-4 kali. Masing – masing tarikan dipertahankan selama 10 – 30 detik, contoh latihan ini adalah yoga.

4. Latihan keseimbangan

Masih dibagian sendi, latihan ini dilakukan agar lansia ngga muda jatuh. Latihan ini dilakukan karena kemampuan keseimbangan lansia menurun seiring dengan bertambahnya usia. Tapi, jika keseimbangannya dilatih hal ini bisa dicegah. Latihan keseimbangan sebaiknya dilakukan 3 hari dalam seminggu. Sebagian besar aktivitas dilakukan dengan intensitas yang rendah, seperti berjalan dan Tai Chi.

 

Nah, sekarang Teman Sehat udah tau kan, apa aja olahraga atau aktivitas yang bisa dilakukan lansia buat menjaga kesehatannya? Sekarang kamu bisa mengajak kakek dan nenek kamu atau lansia yang berada di lingkungan sekitar kamu buat tetap aktif dan sehat dengan melakukan olahraga ringan ini. Yuk, perhatikan kesahatan mereka, karena kalu bukan kita siapa lagi?

 

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *