4 Rahasia Panjang Umur di Sardinia

Halo Teman Sehat! Kamu tau ngga lagu ini, “panjang uuntukmurnya, panjang umurnya, panjang umurnya serta mu-lii-aa, serta mu-lii-aa..”. Yap, lagu ini biasa dinyanyikan saat kamu ulang tahun dengan harapan agar kamu panjang umur. Tapi tau ngga, ternyata di Italia, ada satu desa bernama Sardinia yang letaknya di daerah pegunungan dan 91 dari 17.865 penduduk di Sardinia hidup hingga umur 100 tahun loh! Waah kok bisa? Apa sih rahasianya? Yuk, simak empat rahasia panjang umur di Sardinia!

1. Pola makan

Pola makan di Sardinia yaitu, mengonsumsi sumber karbohidrat, vitamin, serat, susu dan produk olahannya. Sumber karbohidrat berasal dari roti tipis carta da musica yang merupakan makanan tradisional di Sardinia. Menurut penduduk di sana, mengonsumsi roti tipis bisa mengurangi resiko sakit jantung, loh!

Sedangkan,  sumber vitamin dan serat, didapat dari sayuran yang ditanam di kebun seperti ketimun, terong, tomat dan kacang fava. Menurut mereka, mengonsumsi sayur dan kacang-kacangan bisa mengurangi resiko penyakit jantung dan usus besar (colon). Selain itu, sumber omega 6 dan protein didapat dari konsumsi susu kambing dan keju pecorino.

2. Aktivitas Rutin

Teman Sehat, kebanyakan masyarakat Sardinia berkerja sebagai petani dan peternak. Setiap pagi, laki-laki di Sardinia akan memulai aktivitasnya dengan memerah susu sapi, memotong kayu, menggembala domba dan sesekali memotong sapi buat dikonsumsi.

Sedangkan, perempuan di Sardinia melakukan aktivitas rumah tangga, seperti membersihkan rumah, memasak, berkebun dan mengurusi keuangan rumah. Nah, aktivitas rutin inilah yang membuat mereka secara ngga langsung melakukan aktivitas fisik. Aktivitas ini akan membuat mereka terus bergerak, otot-otot mereka terlatih dan ngga membuat mereka bosan, karena ada kegiatan lain yang di lakukan.

3. Mengurangi tingkat stress

Biasanya buat mengurangi stress, laki-laki di Sardinia minum anggur merah. Menurut mereka, meminum anggur merah bisa mengurangi strees dan timbulnya penyakit kardiovaskular.

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Sassari, Italia, penyebab panjang nya umur masyarakat di Sardinia ngga cuma dari budaya meminum anggur merah aja Teman Sehat, tapi pola makan dan kegiatan meraka menjadi salah satu penyebab panjangnya umur masyarakat di sana. Adanya kandungan zat antioksidan dan polifenol di dalam anggur merah, secara ngga langsung menyebabkan mereka merasa rileks dan ngga ngerasa stress.

4. Peran keluarga

Di Sardinia, semua keluarga hidup bersama-sama mulai dari orang tua, anak sampai cucu. Meraka terbiasa menghabiskan waktu makan, bercerita, dan berkumpul bersama. Selain itu orang tua di Sardinia ngga ada yang tinggal di panti jompo loh, karena menurut masyarakat di sana, orang tua mereka kurang layak buat tinggal di panti jompo.

Mereka juga berpikir kedekatan dengan keluarga akan memberikan energi positif buat orang tua mereka, sehingga ngga merasa sendiri dan tetap semangat menjalani hidup, karena tetap didukung oleh keluarganya dalam keadaan senang ataupun susah.

Nah, Teman Sehat sekarang udah tau kan rahasianya apa? Kamu bisa menerapkan salah satu rahasia panjang umur masyarakat Sardinia, supaya kamu panjang umur dan tetap sehat. Tapi ingat, ngga semuanya bisa kamu terapkan ya, karena budaya di Indonesia dan di Italia ngga semuanya sama. Jangan lupa tetap terapkan pola hidup sehat ya!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *