5 Gaya Hidup Ini Bisa Bikin Kamu Panjang Umur

Halo Teman Sehat! Kamu ingin hidup sehat dan panjang umur kan?

Pada tahun 2030, angka harapan hidup (life expectancy) manusia di seluruh dunia diperkirakan meningkat hingga melebihi 85 tahun. Hal ini salah satunya diprediksi karena kemajuan di bidang teknologi kesehatan.

Nah, selain mengandalkan kecanggihan teknologi kesehatan itu, ternyata kita bisa menerapkan hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari agar kita panjang umur loh! Yuk kita bahas!

panjang umur

1. Tidur yang cukup

Banyak orang yang memiliki kebiasaan tidur yang kurang baik. Apalagi mereka yang terbiasa begadang menghabiskan waktu hingga subuh dan hanya tidur 3-4 jam sehari. Padahal, jumlah jam tidur yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 6-8 jam setiap malamnya. Banyak studi menunjukan bahwa tidur malam yang cukup berhubungan dengan umur panjang. Kok bisa? Tidur yang cukup mampu menjaga kesehatan jantung serta kekuatan memori.

2. Banyak mengonsumsi buah dan sayur

buah-dan-sayur-segar

Rekomendasi ini tentu sudah ngga asing lagi bagi kita. Indonesia pun punya anjuran diet yang menganjurkan konsumsi buah 2-3 porsi sehari dan sayur 3-5 porsi sehari. Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh Imperial College London menyatakan bahwa konsumsi buah dan sayur 10 porsi per hari secara signifikan bisa mengurangi risiko serangan jantung, stroke, kanker, dan kematian dini. Hal ini tentu bisa dengan mudah dipahami karena sayur dan buah kaya antioksidan, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh.

3. Hidup aktif

World Health Organization (WHO) mencatat hampir 4 dari 10 orang dewasa maupun balita di dunia mengalami kelebihan berat badan (overweight) di tahun 2014 akibat pola makan yang ngga sehat dan kurangnya aktivitas fisik. Depkes merekomendasikan agar kita melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari atau minimal selama 3-5 hari dalam seminggu. Ga usah mikir ribet-ribet ya Teman Sehat, jalan cepat, berkebun, naik-turun tangga termasuk aktivitas fisik loh. National Cancer Institute menyatakan bahwa aktivitas fisik dikaitkan dengan usia harapan hidup yang lebih lama serta risiko kelebihan berat badan yang lebih rendah.

4. Sehat secara mental

smile-1275668_1280

Kesehatan mental merupakan komponen penting dalam menunjang well-being. Studi yang dilakukan oleh psikiatris dari Oxford University menunjukan bahwa gangguan mental yang serius mengurangi angka harapan hidup 10-20 tahun, bahkan lebih berbahaya dari merokok. Untuk sehat secara mental, ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti: mampu mengelola stres, rajin melakukan interaksi sosial, dan jika perlu lakukan meditasi.

5. Lakukan deteksi dini penyakit

Mencegah lebih baik dari mengobati. Teman Sehat pasti setuju dengan pepatah yang satu ini kan? Agar panjang umur, tentunya kita harus mencegah kemungkinan-kemungkinan terburuk seperti adanya penyakit kanker atau mutasi gen dalam tubuh. Deteksi dini terbukti mampu mencegah dan mengurangi risiko kematian. Untuk itu, Teman Sehat bisa melakukan deteksi dini penyakit di pusat-pusat kesehatan.

Jangan lupa terapkan 5 gaya hidup di atas ya. Kalau kamu punya pendapat atau tips lainnya, silahkan share di kolom komentar di bawah ini! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *