5 Hal yang Terjadi Kalau Kamu Kurang Minum Air Putih

Halo, Teman Sehat! Kamu tau ngga? Ternyata air sangat penting loh, buat tubuh.  Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, jumlahnya pun berbeda untuk laki-laki  (60%) dan perempuan (51%). Kalau kamu jarang minum air putih, maka tubuh akan kekurangan cairan dan fungsinya akan terganggu. Terus, apa sih yang terjadi kalau kamu kurang minum air putih? Yuk simak penjelasannya di sini!

Air penting loh, buat kamu!

Air merupakan zat gizi makro yang dibutuhkan dalam jumlah banyak oleh tubuh. Selain itu, air juga membantu proses biokimia di dalam tubuh, seperti penyusun sel dan darah, membantu proses pencernaan, membuang racun, mengatur keseimbangan asam-basa, dan suhu tubuh. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Jequier, manusia ngga akan bisa hidup tanpa air selama lebih dari tiga hari loh!

Nah, terus gimana ya kalau tubuh kamu kekurangan air? Berikut beberapa hal terjadi, kalau kamu kurang minum air putih:

1. Kurang fokus dan mudah lelah

Teman Sehat, orang yang kurang minum akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi bisa menggangu keseimbangan dan pengaturan suhu tubuh, sehingga tingkat kesadaran bisa menurun dan menyebabkan kamu kurang fokus. Sekitar 78% berat otak terdiri dari air, jadi kalau kamu kurang minum, tubuh akan menimbulkan rasa lelah dan menurunkan  tingkat konsentrasi.

2. Sembelit

Image result for sembelit

Penyebab sembelit yaitu menurunnya cadangan cairan dan ngga seimbangnya jumlah cairan di sistem pencernaan. Air di dalam sistem pencernaan akan membantu mencerna makanan dan menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Jadi, kalau jumlah air di sistem pencernaan terganggu maka penyerapan nutrisi di dalam tubuh kamu juga ngga akan maksimal.

3. Ganggunan fungsi ginjal

Ginjal memiliki peran penting buat menyaring cairan di dalam tubuh. Supaya bisa berfungsi dengan baik, maka ginjal membutuhkan air. Jika tubuh kamu kekurangan cairan, maka ginjal akan berkerja lebih keras dan bisa menyebabkan penyakit batu ginjal. Ciri jika tubuh kamu kekurangan cairan, bisa dilihat dari warna urin yang kuning pekat, karena biasanya urin normal akan berwarna bening atau bening kekuningan.

4. Tekanan Darah Tinggi

Ternyata kamu bisa beresiko terserang darah tinggi loh, kalau kurang minum air putih. Kok bisa? Yap, ini bisa terjadi karena pembuluh kapiler tertutup, sehingga jantung akan memompa darah lebih keras.

5. Kulit Kering

Image result for kulit kusam

Kalau kamu kurang minum air putih, kulit kamu bisa jadi kering loh! Kenapa? Enzim yang ada di kulit ngga berfungsi maksimal, sehingga menyebabkan struktur lapisan kulit luar memburuk dan kulit jadi terlihat kering.

Nah, sekarang kamu udah tau kan alasan kenapa kamu harus minum air putih? Jangan sampai lima hal ini terjadi sama kamu, ya. Yuk, mulai rutin minum air putih, sesuai yang dianjurkan pedoman gizi seimbang yaitu minum air putih sebanyak 8 gelas per harinya!

Editor & Proofreader : Firda Shabrina, STp.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *