5 Langkah Agar Kulit Cantik dan Sehat Alami

Halo Teman Sehat! Siapa sih yang ngga pengan punya kulit cantik dan sehat alami? Sayangnya, kebiasaan hidup sehari-hari, pola makan, dan stres membuat kulit ngga sehat dan cepat menua. Jika udah mengalami penuaan, pasti kamu sibuk cari cara buat kembali meremajakan kulit.

Ternyata ada loh beberapa cara sederhana yang bisa bikin kulit kamu tetap sehat dan awet muda. Yuk, simak 5 langkah ala Lini sehat berikut!

1. Nutrisi kulit

Ngga cuma perut aja yang perlu diberi makan ya Teman Sehat, kulit juga butuh nutrisi. Ada beberapa bahan makanan yang berdampak baik bagi kesehatan kulit dan bisa Teman Sehat konsumsi supaya kulit tetap awet muda.

  • Alpukat: buah sumber lemak baik ini kaya akan vitamin C, vitamin E, dan 3  jenis antioksidan seperti beta karoten, zeaxantin dan lutein. Zat gizi tersebut bisa membantu kulit untuk terbebas dari radikal bebas.
  • Salmon: ikan laut dalam ini mengandung asam lemak omega 3 yang bisa menjaga kelembapan sel-sel tubuh. Salmon juga mengandung protein buat kesehatan kulit, rambut dan kuku.
  • Kacang Brazil: biji-bijian ini mengandung selenium yang bermanfaat buat mencegah inflamasi dan menangkal radikal bebas. Ingat, radikal bebas bisa bikin kulit cepat tua!
  • Biji labu : kalau makan labu jangan buang bijinya ya! Biji labu kaya akan zinc yang berfungsi menjaga kulit dari paparan sinar UV serta menjaga keseimbangan kolagen. Biji labu juga mengandung vitamin B, zat besi, protein, kalsium dan magnesium yang membantu lancarnya peredaran darah, sehingga kulit ngga akan kekurangan nutrisi.

2. Kurangi stres

Jangan suka marah-marah, nanti cepat tua! Ungkapan ini ada benarnya. Emosi negatif seperti mudah marah dan stres mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. Salah satu dampaknya adalah munculnya kerutan di wajah. Tapi, stres yang dimaksud ngga cuma pikiran, tapi juga stres fisik seperti akibat kurang tidur dan banyaknya aktivitas.

3. Bersihkan wajah dengan benar

Teman Sehat, mungkin beberapa dari kamu punya kulit yang sensitif. Sebaiknya mulai sekarang kurangi make up tebal dan mulai gunakan simple make up buat menjaga kesehatan kulit wajah. Jangan lupa selalu bersihkan wajah dan make up sebelum tidur secara teratur dan benar-benar bersih ya! Tumpukan bedak mengandung zat kimia, jika ngga dibersihkan bisa mengganggu proses regenerasi kulit.

4. Kelembapan

Ada beberapa produk kecantikan yang bisa mengurangi kelembapan kulit dan menjadikan kulit kering loh! Untuk meminimalisir hal itu, Teman Sehat bisa menyiasatinya dengan minum air putih yang cukup. Salah satu manfaat air adalah bisa kelembapan kulit. Jadi, konsumsi air sesuai aturan ya! Ingat minimal 8 selas per hari.

5. Skip make up!

Teman Sehat, yuk sesekali skip pakai make up dalam sehari full! Penggunaan riasan wajah terus-menerus bisa membuat kulit stres dan cepat menua. Jadi, mulailah bebaskan wajah kamu dari make up selama beberapa hari dalam seminggu dan rasakan perbedaannya.

Nah, itu lah 5 langkah sederhana yang bisa Teman Sehat terapkan supaya punya kulit awet muda. Punya tips lainnya? Yuk, share dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *