5 Manfaat Kopi yang Jarang Kamu Tau!

Teman Sehat, siapa sih, yang ngga kenal dengan kopi? Yap, minuman yang berasal dari seduhan biji kopi ini, udah banyak loh, penggemarnya. Sekarang ini, kopi udah menjadi salah satu lifestyle buat kaum urban. Bayaknya kedai kopi kekinian yang bermunculan membuat semua generasi, mulai dari anak muda sampai orang tua menikmati minuman ini.

Buat sebagian orang, kopi adalah minuman yang dihindari, karena bisa meningkatkan ritme jantung dan memberikan efek diuretik (ingin terus buang air kecil). Tapi kalau dikonsumsi dengan benar, ternyata kopi punya manfaat buat kesehatan loh! Mau tau apa aja manfaatnya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

1. Menurunkan risiko penyakit Parkinson

Kamu pernah dengar ngga penyakit Parkinson? Yap, penyakit ini terjadi akibat adanya degenerasi (perubahan) sel saraf bertahap, yang bisa memengaruhi pergerakan tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Gang Hu,  konsumsi kopi atau kafein secara signifikan bisa mengurangi risiko penyakit Parkinson. Selain itu, kafein yang terkandung di dalam kopi, juga bisa membantu memperbaiki pergerakan motorik pada penderita penyakit ini.

2. Menurunkan risiko timbulnya penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang termasuk kelompok demensia, seperti penurunan daya ingat dan kemampuan berpikir. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Corral, menyatakan bahwa orang yang meminum kopi secara teratur, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Alzheimer saat lansia.

3. Menurunkan risiko timbulnya DMTD

Diabetes Melitus Tipe Dua (DMTD) adalah diabetes yang disebabkan oleh ketidakmampuan hormon insulin buat mengatur gula, sehingga terjadi peningkatan kadar gula dalam darah. Penelitian yang dilakukan Rachel, menyatakan bahwa orang yang meminum kopi secara rutin, memiliki risiko lebih rendah terkena DMTD. Konsumsi kopinya, tentu ngga pakai gula ya, Teman Sehat! Tapi bisa diganti dengan bahan lain, seperti creamer.

4. Membantu pembakaran lemak tubuh

Kandungan kafein di dalam kopi, ternyata bisa membantu pembakaran lemak tubuh, loh! Hal ini berhubungan dengan fungsi kafein di dalam kopi yang bisa memperbaiki metabolisme tubuh hingga 11%. Tapi sayangnya, belum ada penelitian lebih lanjut buat peminum kopi dalam jangka panjang.

5. Meningkatkan kerja otak

Kalau kamu ngantuk saat bekerja atau lagi ngga bisa onsentrsi, hal yang pertama dicari pasti Kopi, ya kan? Yap, ternyata hal ini bukan tanpa alasan, loh. Menurut Kris, kandungan kafein dalam kopi bisa meningkatkan kerja otak, termasuk meningkatkan konsentrasi, energi, daya ingat, memperbaiki perasaan, dan fungsi kognitif lainnya.

Nah, sekarang kamu udah tau, kan 5 manfaat kopi yang jarang kamu tau. Walaupun banyak manfaatnya, tapi sebaiknya konsumsi kopi jangan berlebihan ya! Karena sesuatu yang berlebihan, ngga baik buat kesehatan. Ada baiknya, kamu juga tetap menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan  melakukan aktivtas fisik yang teratur!

Editor & Proofreader: Firda Shbrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *