Ketahui 5 Mitos Ini Sebelum Kamu Berolahraga!

Halo Teman Sehat! Seberapa sering kamu berolahraga? Menurut kamu, apakah dengan berolahraga setiap hari bisa membuat badan kamu makin sehat? Selain itu, bagaimana cara kamu mengatur olahraga setiap minggunya, apa udah tepat? Sebagai insan yang peduli sama kesehatan tubuh secara jangka panjang, hal-hal terkait olahraga ini penting banget buat kamu ketahui supaya kamu ngga mengalami masalah kesehatan setelah berolahraga, Teman Sehat! Check this out!

Inilah Beberapa Mitos Seputar olahraga!

1. Makin banyak kamu berlatih maka makin sehat pula tubuhmu?

Teman Sehat mungkin pernah terobsesi punya badan yang ideal sehingga memaksa diri buat latihan sesering mungkin dan sekeras mungkin kan? Ternyata, anggapan itu ngga selamanya benar loh, Teman Sehat! Buat para pemula, latihan yang terlalu sering dan terlalu keras bisa membuat kamu gampang sesak nafas sehingga mempersingkat waktu latihanmu. Akibatnya, bukan kesegaran jasmani yang kamu dapatkan tapi justru risiko tubuh mengalami penyakit atau cedera setelah olahraga bisa kamu derita.

Sebuah publikasi dari dr. Sadoso Sumosardjuno (Ketua Umum Perhimpunan Pembina Kesehatan Olahraga tahun 1985) juga sejak dulu menyatakan kalau latihan yang berlebihan justru bisa meningkatkan risiko serangan penyakit infeksi loh, Teman Sehat!

2. Meningkatkan kebugaran dengan berlatih setiap hari?

Kamu tau kan Teman Sehat kalau saat berolahraga, serabut otot kamu mengalami sedikit kerusakan. Yap, inilah yang mengharuskan kamu perlu waktu buat memberikan kesempatan pada otot kamu supaya pulih kembali. Berolahragalah sekitar 150 setiap minggunya agar kebugaran bisa kamu dapatkan dan kamu bisa terhindar dari risiko cedera ya, Teman Sehat!

3. Olahraga itu berbahaya buat kesehatan jantung?

Olahraga atau latihan fisik yang dilakukan dengan tepat akan memberikan beban yang sedang dan tidak membuat jantung menjadi besar, Teman Sehat. Latihan fisik yang tepat justru bisa membuat jantung kamu makin kuat, besar dan berotot. Selain itu, olahraga secara tepat yang dilakukan oleh orang yang sehat juga bisa memperlebar pembuluh darah dan menurunkan risiko penyumbatan loh.

4. Suntikan Vitamin B12 yang bisa atasi kelelahan kronis?

Ternyata, suntikan vitamin B12 yang sering dilakukan oleh para atlet hanya memberikan manfaat psikologis saja, Teman Sehat. Atlet yang mengalami kelelahan kronis menurut dr. Sadoso Sumosardjuno dalam bukunya yang berjudul Kesehatan Olahraga disebabkan oleh kekurangan kalium dan hal ini bisa ditangani dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah terutama yang banyak mengandung kalium seperti pisang,

5. Menelan tablet garam sebagai pengganti kehilangan mineral melalui keringat?

Penelanan tablet garam bisa membahayakan tubuh karena dosis mineral dalam tablet garam melampaui batas normal. Dampak buruk yang dapat terjadi setelah menelan tablet garam adalah tingginya tekanan darah (hipertensi) dan munculnya gumpalan darah dalam pembuluh darah.

Nah, itulah beberapa mitos seputar olahraga, Teman Sehat! Buat kamu yang mau meningkatkan kebugaran, tetaplah mengonsumsi makan makanan bergizi seimbang, berolahraga sekitar 150 menit/minggu, konsumsi air putih yang cukup, perbanyak konsumsi buah dan sayur, istirahat yang cukup dan ngga lupa juga buat mengelola stres dengan baik ya, Teman Sehat!

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *