5 Tips Mudik dengan Mobil Pribadi

Halo, Teman Sehat! Ngga terasa ya, sebentar lagi lebaran. Biasanya, ada tradisi yang unik nih sebelum lebaran, yaitu mudik. Mudik atau pulang kampung adalah tradisi tahunan yang dilakukan di Indonesia menggunakan bis, kereta, kapal, pesawat, mobil, bahkan motor. Sejauh dan selama apapun jaraknya, kamu pasti akan tetap menempuhnya, agar bisa berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga.

Buat kamu yang menggunakan mobil pribadi, sebagai driver pasti udah siap kan, dengan keadaan jalan yang ramai dan padat. Apalagi, puncak arus mudik akan membuat kamu cepat lelah, pegal sampai kehilangan konsentrasi. Nah, ini bisa berbahaya loh! Supaya hal-hal yang ngga diinginkan terjadi, yuk simak 5 tips di bawah ini!

1. Siapkan fisik sebelum berkendara

Sebelum berkendara dalam jarak yang jauh, kamu harus memastikan tubuh dalam keadaan sehat. Jika dimungkinan, kamu bisa mengecek kesehatan ke dokter atau lakukan olahraga sebelum melakukan mudik. Lakukan olahraga ringan seperti berlari kecil atau peregangan tubuh, agar tubuh tetap segar selama perjalanan.

2. Jangan minum obat yang membuat mengantuk

Jika diharuskan buat meminum obat karena kesehatan sedang menurun, kamu bisa beristirahat telebih dahulu setelah meminum obat. Ini dilakukan, agar obat yang memberikan efek mengantuk, ngga akan mengganggu  saat sedang menyetir. Biarkan tubuh beristirahat dengan tidur, agar tubuh bisa optimal saat menyetir.

3. Atur posisi duduk kamu!

Cara duduk yang baik, akan menyebabkan tubuh ngga cepat pegal, terutama pada bagian pinggang dan punggung. Kamu bisa mengatur posisi kursi sesuai dengan posisi punggung. Jangan sampai terlalu tegak atau terlalu bungkuk. Jika dimungkinkan, kamu bisa mengganjal bagian pinggang dengan bantal agar pinggang ngga gampang pegal. Lalu pastikan jarak kaki ke pedal gas dan lengan ke stir mobil sudah sesuai, sehingga saat menyetir kamu merasa nyaman dan ngga cepat pegal.

4. Istirahatlah jika sudah lelah

Jika di perjalanan kamu udah mulai pegal-pegal dan mengantuk, arahkanlah mobil kamu ke rest area, pom bensin atau masjid buat beristirahat. Hal ini dilakukan agar ngga terjadi hal-hal yang diinginkan, ketika kamu memaksakan diri tetap berjalan.  Saat di rest area, regangkanlah tubuh kamu seperti tangan, kaki dan pinggang agar pegal-pegal yang dirasakan berkurang.

Selain itu, jika kamu mengantuk, aturlah posisi kursi menjadi seperti tempat tidur, agar bisa tidur dalam posisi yang nyaman atau keluarlah mencari tempat tidur di posko kesehatan atau di masjid. Jika dimungkinkan memiliki driver pengganti, akan lebih baik sehingga kalian bisa bergantian saat menyetir.

5. Yuk lakukan ini saat armacet!

Jika leher mulai terasa pegal saat diperjalanan karena macet, kamu bisa melakukan olahraga ringan agar leher kamu ngga pegal. Caranya, tengokan leher kamu ke kanan dan hitung sampai tiga, lalu kembalikan ke posisi awal. Dengan cara yang sama lakukan pada posisi kiri. Lakukan hal ini sebanyak 10  kali agar leher kamu terasa lebih ringan dari sebelumnya dan agar macet yang dirasakan saat di perjalanan ngga terasa.

Nah, Teman Sehat itulah 5 tips yang kamu bisa lakukan saat mudik menggunakan mobil pribadi. Ingat ya, berhati-hatilah saat mengendarai mobil di jalur mudik yang padat dan ramai ini. Cek kesiapan kendaraan kamu, jangan ngebut dan memaksakan menyetir ketika sudah lelah. Hati-hati di perjalanan mudik ya, semoga kamu sampai di kampung halaman dengan selamat. Selamat mudik, selamat lebaran!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *