5 Tips Sehat Saat Bekerja dengan Komputer

Halo, Teman Sehat! Apa kamu termasuk orang yang sering berkerja di depan komputer? Yap, kamu harus berhati – hati dengan radiasi pada monitor komputer. Radiasi pada monitor bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti computer vision syndrome (CVS), yang bisa menyebabkan mata cepat lelah atau masalah punggung dan persendian akibat minimnya pergerakan.

Terus, gimana ya, supaya kamu terhindar dari masalah kesehatan yang ditimbulkan? Yuk simak 5 tips dibawah ini! Let’s check it out!

1. Atur pencahayaan layar komputer

Kamu bisa memilih layar komputer jenis LCD (liquid crystal display) yang  tingkat radiasinya rendah. Jangan lupa, sesuaikan brightness dan contrast monitor, karena brightness (pencahayaan) yang terlalu terang atau terlalu buram ngga baik buat kesehatan mata. Jika pencahayaannya terlalu terang, mata akan menjadi silau dan jika terlalu buram, mata akan menjadi cepat lelah.

2. Atur posisi mata dengan monitor

Idealnya, jarak antara monitor dengan mata adalah 45 cm. Jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah, karena bisa menyebabkan sakit di leher. Jadi, sebaiknya kamu meletakkan monitor sejajar dengan pandangan mata.

Monitor juga bisa diletakkan pada posisi yang ergonomis, seperti pada posisi 16 hingga 30 inci dari mata, tergantung dari seberapa besarnya layar. Tapi, biasanya posisi yang nyaman buat menatap monitor adalah 20 hingga 26 inci. Selain itu, penempatan posisi komputer atau laptop juga perlu diatur, agar mata ngga silau karena pantulan cahaya lampu kerja atau jendela.

3. Istirahatkan mata sejenak

Teman Sehat, kamu perlu mengistirahatkan dan mengendurkan otot-otot mata selama bekerja dengan komputer loh! Caranya, dengan mengalihkan pandangan mata kamu ke ruangan lain, tanaman hijau atau menatap indahnya langit.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan hal ringan lain, seperti mengedipkan mata. Mengedipkan mata bisa membuat mata lebih lembab, karena mata akan mengeluarkan air mata yang akan menyebar ke seluruh permukaan kornea mata.

4. Perbanyak konsumsi vitamin A

Mata membutuhkan vitamin A supaya tetap dalam kondisi baik. Vitamin A banyak terdapat pada sayur – sayuran, seperti wortel, ubi, labu kuning, bayam, tomat, dan buah – buahan seperti pepaya.

5. Istirahatkan Tubuh

Sediakan waktu buat menggerakkan tubuh kamu, seperti melakukan peregangan tubuh atau berjalan-jalan disekitar ruangan kerja.  Ini dilakukan untuk meregangkan otot dan melancarkan aliran darah.

Yuk, Teman Sehat! Lakukan 5 tips tadi, supaya mata kamu tetap sehat selama bekerja dengan komputer. Jangan lupa, sehat kini bahagia pasti!

 

Editor & Proofreader : Firda Shabrina, STp.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *