5 Tips yang Bisa Mempermudah Kamu Menghindari Minuman Manis!

“Panas-panas begini, enaknya minum yang segar nih Teman Sehat” Yap, pernah ngga sih kamu berpikiran kaya gitu? Bagi sebagian orang, menahan buat mengurangi konsumsi minuman manis jadi suatu hal yang sulit, bahkan hampir ngga mungkin. Apalagi kalau ngga terlalu suka air putih dan udah terbiasa minum yang manis-manis.

Buat kamu yang  susah kalau ngga minum minuman manis, simak tips berikut!

1. Bawa minum sendiri

Teman Sehat, kalau kamu lagi berpergian, pasti kamu sering tergiur minuman manis bukan? Tapi, kalau dalam tas kamu ada minum, pasti kamu cenderung memilih buat meminum air yang kamu bawa kan. Yap, selain bisa meringankan beban barang bawaan saat itu, gula yang kamu konsumsi pasti terbatasi dan tentunya kamu bisa berhemat, Teman Sehat! Apalagi kalau kamu membawa air dengan botol yang ramah lingkungan. Mantap!

2. Pilih-pilih jenis minuman

Bagaimana cara memilihnya?

  1. Bandingkan kadar gula pada label informasi nilai gizinya
  2. Pilih porsi minuman manis yang lebih kecil, selebihnya sebaiknya penuhi dengan air putih.
  3. Request ke penjual minuman buat mengurangi gula dan susu kental manis yang ditambahkan ke minuman, Teman Sehat!

3. Hanya mengonsumsinya saat butuh

Teman Sehat, minuman berenergi dan isotonik terkadang diperlukan oleh sebagian kelompok. Misalnya, para pekerja berat atau para atlet yang membutuhkan pergantian cairan tubuh secara cepat saat latihan atau bertanding.

Tapi, berbeda dengan orang yang olahraganya ngga begitu berat. Mengonsumsi air putih lah yang paling sehat. Jangan sampai, kalori yang kamu minum lebih besar dibandingkan dengan kalori yang kamu bakar saat berolahraga, Teman Sehat!

4. Libatkan keluarga

Ajaklah keluarga buat sama-sama hidup sehat ya. Jangan biasakan membuat minuman manis di rumah atau menyediakan minuman manis di dalam kulkas, Teman Sehat!

5. Membuat infused water

Lalu, buat kamu yang kurang suka air putih, infused water bisa jadi salah satu solusinya, Teman Sehat! Kamu bisa membuat sendiri di rumah dengan menambahkan irisan buah-buahan segar atau rempah ke dalam air yang ditempatkan dalam wadah tertutup. Lalu, air tersebut didiamkan selama beberapa jam atau 1 malam sebelum diminum. Infused water bisa disimpan di dalam kulkas selama beberapa hari!

Nah, gimana tipsnya Teman Sehat? Yuk, kita sama-sama mulai gaya hidup yang lebih sehat.

Editor & proofreader: Kurnia Dwi Juliani, S.Gz

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *