6 Hal yang Harus Kamu Tau Sebelum Mengangkat Barbel

Udah banyak banget bukti ilmiah yang bisa kamu dapet dari olahraga angkat beban. Perkembangan otot dada, perut six pack dan trisep nggak akan optimal kalau kamu belum latih dengan angkat beban. Bahkan kamu bisa dapet 5 Milyar kalo jadi juara Olimpiade.

Sri Wahyuni

Mau coba angkat beban? sebelum kamu mulai, ini 6 hal dari kami yang harus kamu benar-benar perhatikan sebelum mulai mengangkat.

1. Jika kamu belum pernah mengangkat barbel sebelumnya, pastikan tubuh kamu siap

Push Up

Caranya? lakukan pemanasan dengan gerakan yang berhubungan dengan otot lengan dan perut seperti, squad jump, push-up dan pull up. FYI, Lin Dan bisa push up 45 kali dalam satu kali tahan nafas. Gerakan ini membantu kamu untuk membangun fleksibilitas, kekuatan, dan stabilitas pada otot-otot yang akan digunakan untuk mengangkat barbel.

2. Pastikan sekitar kamu aman

Sangat penting untuk selalu menyadari apa terjadi di sekitar kamu saat kamu akan mengangkat barbel. Pastikan juga kamu punya ruang yang cukup lega sehingga ngga ada orang yang akan dirugikan saat kamu ngga sengaja menjatuhkan barbel yang terlalu berat.

3. Gunakan sepatu khusus untuk mengangkat barbel dengan sol padat, lebar dan ngga mudah selip

Sepatu Angkat Beban

Sol sepatu yang ‘membal’ dan sempit, seperti yang biasa digunakan saat lari, bukan sepatu yang cocok untuk mengangkat barbel. Kalau memang kamu ngga punya sepatu khusus untuk angkat berat, sepatu Converse dengan alas datar dan padat bisa kamu gunakan.

4. Jangan jumawa dengan mengangkat barbel dengan berat besar

Semua olahraga wajib dimulai dengan pemanasan yang menyiapkan otot agar ngga ‘kaget’ dan pada akhirnya keram atau bahkan cedera. Lakukan angkatan dengan berat ringan hingga 10 sampai 15 kali repetisi, lalu perlahan-lahan naik ke berat di atasnya.

5. Pengawasan dari teman atau Personal Trainer akan sangat dibutuhkan jika kamu adalah pemula

PT

Tugas dari kompatriot mu, baik teman atau personal trainer adalah memastikan angkatan yang kamu lakukan ngga membuat tubuh kamu cedera. Kompatriot kamu juga bisa jadi pemberi motivasi utama agar kamu lebih semangat dalam melakukan angkatan.

6. Jika kamu sedang mengangkat barbel dan kamu merasa terlalu berat, temukan cara yang aman untuk ‘membuang’ barbel

Failure Angkat Besi

Kalau memang angkatan kamu terlalu berat, kamu ngga perlu menyelesaikan angkatan, alih-alih hasilnya malah kamu cedera. Tapi, saat kamu emang nggak kuat ‘buang’ barbel dengan santai, tanpa emosi, sehingga barbel jatuh di tempat yang aman, jauh dari risiko mencederai kamu atau orang lain.

Nah, itulah 6 catatan buat kamu yang mau nyoba mengangkat barbel untuk variasi aktivitas olahraga kamu. Jangan lupa juga, minum air yang cukup biar kamu ngga dehidrasi saat olahraga angkat beban. Kalau kamu punya hal penting lain yang belum kami tuliskan, sampaikan di kolom komentar ya! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *