6 Tips Mengatasi Kebiasaan Ngemil Di Malam Hari

Halo Teman Sehat! Buat kamu yang punya kebiasaan ngemil di malam hari, pastinya udah mulai was-was dengan berat badan yang terus merangkak naik. Orang-orang menyambar snack dan ngemil di malam hari biasanya bukan cuma buat memuaskan perut, tapi karena kegiatan ngemil itu dilakukan atas dasar bosan atau stress. Setuju ngga nih? Sayangnya, camilan yang dikonsumsi pun cenderung ngga terkontrol, baik dalam jumlah maupun jenisnya.

Biasanya, ngemil di malam hari akan dijadikan teman menonton TV atau begadang di depan laptop. Padahal dalam situasi seperti itu, tanpa disadari seseorang akan cenderung menghabiskan lebih banyak camilan daripada yang diperkirakan. Selain asupan kalori yang sebenarnya ngga perlu, makan terlalu dekat dengan waktu tidur bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah tidur, loh!

Apakah Teman Sehat termasuk ke dalam golongan otersebut? Kalau iya, ada baiknya Teman Sehat menyimak 6 tips mengatasi kebiasaan ngemil di malam hari menurut nutrisionis Amy Campbell di bawah ini!

1. Buatlah jadwal harian!

Selain membantu kamu menyesuaikan waktu dan kegiatan sehari-hari, jadwal harian juga bisa membantu menghindari ngemil di malam hari, loh! Caranya, tinjau kembali jadwalmu dan lihat apakah kamu bisa menemukan cara buat tidur lebih awal. Pertimbangkan untuk bangun lebih awal daripada begadang.

2. Hindari ngemil di depan laptop atau sambil menonton TV

Makanlah camilan hanya di dapur atau ruang makan sehingga kamu bisa fokus ke makananmu. Jika kamu mengonsumsi camilan sambil fokus mengerjakan hal lainnya, maka tanpa disadari kamu akan mengonsumsi banyak camilan dalam satu waktu.

3. Alihkan perhatiamu

Jangan jadikan camilan sebagai semata-mata pelarian, baik dalam mengusir rasa bosan atau menemani pekerjaan. Teman Sehat harus punya list alternatif, misalnya mendengarkan musik, membaca buku, bermain games, atau hal lainnya yang bisa mengalihkan perhatian dari ngemil.

4. Sembunyikan camilan yang berkalori tinggi!

Camilan tinggi kalori seperti junk food merupakan musuh bagi berat badan maupun kesehatan mu. Usahakan agar camilan ini ngga ada di depan mata, atau ekstremnya, jangan nye-tock camilan ini buat teman begadang. Sebagai gantinya, pilihlah camilan sehat seperti buah, kacang-kacangan atau granola bar.

5. Jangan “menghemat kalori” di waktu-waktu sebelumnya

Melewatkan sarapan dan cuma makan salad untuk makan siang adalah jaminan bahwa kamu akan makan berlebihan di malam hari.

6. Makan banyak protein dan serat saat makan malam

Protein dan serat bisa membantumu menghindari camilan di tengah malam dengan memberi efek kenyang yang lebih lama.

Selain tips-tips di atas, tentunya masih banyak cara lain dalam mengatasi kebiasaan ngemil di malam hari. Lalu, ada baiknya kamu juga mulai mengatur jam makan, karena jam makan juga ngga kalah pentingnya dalam mengatur kebutuhan gizi tubuhmu. Kamu punya tips tersendiri dalam mengatur waktu makan dan ngemil? Yuk, share dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *