7 Tips Hidup Sehat yang Penting Kamu Ketahui!

Halo Teman Sehat! Kamu pasti ingin bergaya hidup sehat, kan? Yap, hampir semua orang pasti menginginkannya. Tapi, keinginan ini ngga diiringi dengan usaha seperti membiasakan diri berhidup sehat. Ada yang bilang susah atau ribet kalau nerapin pola hidup sehat. Tapi, kali ini kita punya tips gampang supaya kamu tetep bisa hidup sehat berpedoman Gizi Seimbang loh, Teman Sehat! Mau tau? Check this out!

Teman Sehat, makan yang baik dan sehat itu ngga susah loh. Pedoman Gizi Seimbang jadi pola diet yang paling baik agar tubuh tetap sehat dan bugar. Nah, 8 hal ini bisa bantu kamu buat terapkan pola makan baik yang ngga repot tapi tetap sesuai dengan Gizi Seimbang!

Baca juga :Gizi Baik Menandakan Masa Depan Cerah? Cari Tau Di Sini!

7 Tips Hidup Sehat yang Penting Kamu Ketahui!

1. Konsumsi karbohidrat kompleks

Dari mana sih kita bisa dapatkan karbohidrat kompleks? Yap, karbohidrat kompleks bisa kamu temukan pada makanan pokok seperti kentang berkulit, roti gandum, nasi, mi, sorgum, singkong dan pasta. Selain jadi sumber energy, karbohidrat kompleks mengandung cukup serat yang baik buat mendukung kesehatan pencernaan, Teman Sehat!

2. Rajin konsumsi buah dan sayur

Konsumsi buah sebanyak 2-3 porsi dan sayur sebanyak 3-4 porsi per harinya baik buat membantu kamu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, Teman Sehat! Buah dan sayur ini bisa kamu kombinasikan dengan saus buah supaya makin lezat, Teman Sehat!

3. Konsumsi lauk hewani terutama ikan

Sedikitnya, 2 porsi ikan per minggu terutama ikan segar ber-omega 3 seperti tuna, sardine, salmon, dan mackerel baik buat dukung kesehatan tulang dan jantungmu, Teman Sehat!

4. Membatasi konsumsi garam, gula, dan lemak (GGL)

Teman Sehat, kamu tau kan kalau konsumsi GGL yang berlebihan bisa memicu risiko penyakit jantung, pengeroposan gigi, dan obesitas? Yap, GGL sebaiknya dibatasi masing-masing sebanyak 1 sdt garam, 4 sdm gula, dan 5 sdm minyak, Teman Sehat!

5. Aktif

Teman Sehat tau ngga kalau aktifitas fisik bisa bantu menurunkan risiko penyakit tidak menular seperti diabetes, jantung, stroke, dan kegemukan? Yap, bener banget, Teman Sehat. Olahraga sedang minimal 150 menit atau olahraga berat 75 menit per minggu juga bisa bantu jaga kesehatanmu.

Baca juga : Turunkan Berat Badan dengan 5 Olahraga Praktis di Rumah

6. Minum air putih yang cukup

Air putih penting banget buat menjaga hidrasi tubuh, Teman Sehat. Selain segar, kebiasaan minum air putih sekitar 6-8 gelas per hari bagi orang dewasa bisa bantu jaga kelancaran urinasimu.

7. Ngga melewatkan sarapan

Kamu tau kan Teman Sehat kalau sarapan bisa bantu kamu buat mengontrol berat badan? Yap, selain itu, sarapan sehat juga bisa bantu kamu buat penuhi kebutuhan serat, vitamin dan mineral yang baik buat tubuh.

Nah, sederhana kan? Jadi, yuk segera terapkan hal-hal baik ini, Teman Sehat!

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *