8 Istilah Pangan Ini Sering Muncul Mendekati Hari Pangan

logo-utama-hps

Halo Teman Sehat! Istilah pangan yang asing kadang muncul di media, baik online maupun offline. Wajar. Mendekati momen tertentu, istilah yang lagi ngehits pada momennya akan muncul bertaburan.

Nah, mendekati momen Hari Pangan pada 16 Oktober ini, bisa jadi istilah berikut ini akan kamu baca. Yuk, cari tau!

1. Ketahanan pangan

istilah pangan

Kamu makan, aku makan, kita semua bisa makan dari makanan yang kita simpan. Sumbernya? Apa aja. Bisa dari produksi sendiri ataupun membelinya. Bisa dari daerahmu atau dari luar negri. Yang penting teman sehat punya simpanan makanan, itulah yang dimaksud dengan ketahanan pangan.

2. Kemandirian pangan

Teman sehat tahu kan artinya mandiri? Yap. Berarti pangan yang dikonsumsi diproduksi sendiri. Caranya? Bisa dengan berkebun di rumah. Dengan kata lain, kemandirian pangan akan tercipta dengan mengonsumsi makanan dari daerah masing-masing sesuai dengan potensi yang ada.

3. Kedaulatan pangan

Berdaulat pangan berarti memiliki sistem untuk memproduksi pangan. Apa sih maksudnya? Artinya makanan dari sawah hingga sampai di meja makanmu, sistemnya teratur. Bahkan bibit yang ditanam di sawah petanimu diproduksi sendiri. Pupuknya tidak beli. Itulah arti kedaulatan pangan.

4. Keamanan pangan

10-cah-de-thuc-pham-khong-bi-oi-thiu-mua-he

Aman berarti tidak berbahaya saat dikonsumsi, baik bagi kesehatan ataupun budaya setempat. Semisal daging sapi yang telah dimasak, aman untuk dimakan karena bakterinya telah mati atau berkurang. Namun, daging sapi tidak aman dimakan orang Hindu karena tidak sesuai dengan budaya-nya. Sapi dianggap keramat, jadi tidak boleh dimakan.

5. Pangan pokok

Apa sih pangan yang biasa dikonsumsi teman sehat tiap harinya? Nasi, jagung, sagu, roti? Yap. Ketiga makanan tadi adalah beberapa contoh pangan pokok apabila Teman Sehat mengonsumsinya tiap hari. Tiap daerah pun punya makanan pokok beda-beda. Kalau di Indonesia sih umumnya nasi dari beras yang jadi pangan pokok.

6. Diversifikasi pangan

noodles-516635_960_720

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia terutama untuk sumber karbohidrat dan energi. Teman Sehat bisa menggantinya dengan sumber energi lain seperti singkong dan sorghum. Inilah diversifikasi pangan, mengganti nasi dengan bahan lain.

7. Pangan lokal

Lokal berarti ada di sekitar. Pangan lokal berarti makanan yang berada di dekatmu, di desamu dan di daerahmu yang bisa di makan. Contohnya jagung di NTT dan sagu di Papua.

8. Regenerasi petani

the-man-1501209_960_720

61.8 % petani Indonesia berusia lebih dari 45 tahun, dan kurang dari 12 % berusia 35 tahun ke bawah.

Apakah Teman Sehat setuju jika melihat kondisi di desamu? Yap. Regenerasi berarti memunculkan petani muda kembali.

Nah, itulah beberapa istilah yang mungkin membuat kamu bertanya-tanya. Udah jelas kan sekarang? (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *