8 Tips Memasak Daging Kambing yang perlu Kamu Tahu

Halo Teman Sehat! Daging kambing menjadi salah satu hidangan wajib saat idul adha tiba. Hidangan ini bisa diolah menjadi berbagai masakan dengan cita rasa yang lezat, sehat, dan bergizi. Tapi, teknik memasaknya ngga sama loh seperti daging ayam atau sapi. Jika daging kambing ngga diolah dengar teknik yang tepat, maka teksturnya bisa menjadi keras, berlemak, dan berbau.

Nah, yuk ketahui tips sederhana mengolah daging kambing agar kelezatannya sempurna!

1. Cermatlah ketika memilih dan memotong daging

Memilih daging dengan tepat di awal akan membantu Teman Sehat mendapatkan hidangan yang terbaik. Pilihlah daging dari kambing muda (berusia enam sampai dua belas bulan) karena daging kambing menjadi lebih keras seiring pertambahan usia. Nah, berhubung pas hari raya kurban kita ngga bisa memilih sendiri, maka potonglah daging secara hati-hati agar ngga merusak teksturnya.

2. Jangan tergesa-gesa ketika memasak

Daging kambing lebih lembut dan beraroma jika dimasak perlahan-lahan. Sebaliknya, terburu-buru dalam memasak akan menghasilkan hidangan kambing yang keras dan juga meningkatkan kemungkinan bahwa daging mengering.

3. Gunakan api kecil

Sebagai daging tanpa lemak, kambing bisa mengeringkan dengan cepat jika di masak pada suhu tinggi. Selain itu, bisa mengurangi aroma dan kelembutan daging. Mengecilkan api dan memasak lebih lambat dapat menjaga aroma dan tekstur daging menjadi lebih nikmat.

4. Berikan garam pada tahap akhir memasak

Banyak orang yang menambahkan garam dari proses awal memasak. Tapi, jangan lakukan pada daging kambing ya, Teman Sehat! Pada masakan kambing, garam menarik cairan dari daging ke permukaan sehingga membuat hasil akhir hidangan kambing menjadi kering.

5. Gunakan bumbu dan racikan yang tepat

Dalam berbagai teknik memasak daging kambing, ramuan bumbu yang tepat adalah kunci kelezatannya. Jika Teman Sehat memiliki waktu lebih maka gunakan berbagai bumbu dan biarkan menyatu selama semalaman dengan daging, hal ini akan memberikan hasil masakan yang tepat dalam hal rasa, kelembaban, dan kelembutan daging.

6. Gunakan pembungkus tertentu

Saat menyimpan atau membumbui daging jangan lupa menyimpannya dalam wadah tertutup untuk menjaga kelembaban daging. Saat memanggang atau memasak menggunakan panci di kompor, juga perlu memberi penutup karena hal tersebut bisa berpengaruh terhadap rasa dan aroma akhir.

7. Biarkan sejenak sebelum disajikan

Setelah proses memasak selesai, jangan buru-buru di makan ya Teman Sehat! Tunggu agak beberapa saat. Hal ini ngga hanya untuk menurunkan suhu tetapi juga membantu agar kelembaban daging merata ke seluruh bagian hidangan, jangan lupa juga tetap letakkan pada wadah tertutup.

8. Jaga kelembaban daging yang telah dimasak

Selain meletakkan pada wadah tertutup atau memberi tutupan foil pada hidangan, Teman Sehat juga bisa memberi olesan tertentu. Pengolesan dengan bumbu atau minyak zaitun adalah trik lain untuk menjaga daging kambing lembab selama dan setelah proses memasak.

Nah, poin-poin di atas adalah tips yang bisa Teman Sehat terapkan dalam membuat hidangan daging kambing. Jangan lupa praktikan ya! Teman Sehat juga boleh share tips lainnya atau berbagi resep masakan dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *