5 Kebiasaan Buruk Ini Picu Diabetes Lebih Cepat

 

picu diabetes

Halo Teman Sehat!

Diabetes atau biasa disebut kencing manis emang udah ga asing lagi buat kita. Penyakit yang satu ini bisa jadi ancaman buat kita loh. Diabetes dibagi menjadi 2 tipe, diabetes tipe I dan diabetes tipe II. Diabetes tipe I berkaitan dengan faktor genetik sedangkan diabetes tipe II berkaitan dengan pola hidup. Nah, kali ini kita akan bahas tentang kebiasaan buruk yang memicu diabetes tipe II.  Ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa picu diabetes tipe II lebih cepat, yuk simak!

1. Pola makan ga sehat

Yap! pola makan jadi hal yang ga boleh kamu remehin. Sering makan makanan manis dan kolesterol tinggi sering dikaitkan dengan diabetes. Kebiasaan makan makanan manis bisa jadi awal pemicu gula darahmu tidak stabil. Makanan manis akan meningkatkan gula darah loh. Hal ini kalo jadi kebiasaan bisa kebayang kan gula darah kamu akan lebih tinggi dan ga terkontrol, hemmmm. Ditambah lagi kolesterol yang tinggi bisa jadi pemicu obesitas dan mempercepat terjadinya diabetes.

Jarang makan buah dan sayur juga bisa jadi kebiasaan yang buruk. Buah dan sayur mengandung vitamin, mineral, serat antioksidan yang baik untuk mencegah terjadinya diabetes. Porsi makan yang dianjurkan sesuai pedoman gizi seimbang untuk sayur 3-5 porsi dan buah 2-3 porsi. Yuk biasakan konsumsi sayur dan buah!

2. Jarang olahraga

Olahraga jadi poin penting untuk mencegah diabetes. Olahraga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Olahraga meningkatkan sensitivitas hormon insulin yang mengatur kadar gula darah. Gula darah lebih terkontrol saat kamu melakukan olahraga teratur, berbeda jika kamu jarang olahraga yang menyebabkan gula darah  tidak terkontrol dan akan picu diabetes.

World Health Organization (WHO) menganjurkan olahraga minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi minimal selama 30 menit

3. Merokok

Kebiasaan merokok jadi awal yang ga baik buat kesehatan kamu. Efek nikotin selain bisa membuat kecanduan juga bisa memicu diabetes. Nikotin bisa memicu hormon adrenal dan meningkatkan kadar gula darah.

4. Pecandu alkohol

Kebiasaan minum alkohol bukan hanya memicu diabetes lebih cepat tapi juga munculnya penyakit degeneratif lain. Alkohol menganggu pengangkutan glukosa dalam darah.

5. Stres yang tinggi

Stres yang tinggi dapat memicu kadar gula darah tidak terkontrol loh. Jadi, hindari hal-hal yang dapat meningkatkan stres kamu!

Nah, udah pada tau kan kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa memicu diabetes?

Pola makan dan gaya hidup sehat bisa jadi cegah diabetes sedari dini. Punya info seputar kebiasaan-kebiasaan terkait diabetes? Yuk tulis dikolom komentar! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *