Ada Apa aja sih Jenis Mikroorganisme Penyebab Penyakit?

Halo Teman Sehat! Kenapa sih ada penyakit yang menular dan ada yang ngga menular? Berbagai penyakit di muka bumi ini salah satunya disebabkan oleh mikroorganisme yang dikenal dengan istilah penyakit infeksi/menular/communicable diseases. Tapi, kebanyakan dari kita mungkin belum tahu mikroorganisme apa pastinya yang menyebabkan flu, diare, tifus, atau penyakit menular lainnya.

Tahukah Teman Sehat? Ternyata terdapat 700.000 kematian setiap tahunnya akibat penyakit infeksi yang tidak bisa disembukan

Nah, artikel kali ini akan membahas jenis-jenis mikroorganisme yang menyebabkan  berbagai penyakit menular pada manusia. Yuk, cari tahu!

1. Kuman

Yap! Ini merupakan istilah yang paling sering digunakan masyarakat awam terkait penyebab penyakit menular yang dideritanya. Kuman sendiri memiliki definisi organisme kecil seperti virus, bakteri, jamur, dan protozoa yang bisa menyebabkan suatu penyakit atau gangguan kesehatan. Jadi, istilah kuman ngga spesifik untuk mikroorganisme tertentu ya!

2. Virus

Mikroorganisme ini merupakan parasit yang hanya bisa hidup dan berkembang biak dalam tubuh organisme lain atau dikenal dengan inang. Oleh karena itu, kasus penyakit akibat virus sangat tinggi dan penyebarannya sangat cepat. Penyakit HIV, influenza, cacar, chikungunya, dll merupakan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus. Bahkan sekitar tahun 1348-1350 dunia mengalami Black Death yang diperkirakan 4 juta orang meninggal dunia di Inggris akibat smallpox.

3. Bakteri

Mikroorganisme yang satu ini merupakan salah satu yang populer di masyarakat. Kehadirannya bisa berdampak positif maupun negatif. Bakteri parasit biasanya hidup dalam tubuh manusia dan menyebabkan penyakit seperti TBC, pneumonia, infeksi saluran kemih, dll. Untuk mikroorganisme yang satu ini bisa diobati dengan penggunaan antibiotik. Namun, dunia mengalami masalah baru yaitu resistensi antibiotik akibat penggunaanya yang tidak sesuai dosis/aturan serta bakteri yang mengalami mutasi begitu cepat.

4. Jamur

Ayo, siapa yang sering jamuran? Diperkirakan terdapat 1.5 juta spesies fungi di muka bumi, 300 diantaranya menyebabkan penyakit pada manusia. Penyakit seperti panu, keputihan, ringworm, dan jamur kuku merupakan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme ini. Tapi, teknologi udah berhasil menemukan obat-obatan untuk menangani berbagai jenis infeksi jamur, jadi tingkat keparahannya lebih rendah loh!

5. Protozoa

Makhluk hidup dari kingdom protista ini mungkin kalah populer dengan 3 jenis mikroorganisme lainnya. Namun, pada kenyataannya banyak penyakit yang disebabkan oleh protoza, seperti Entamoeba histolytica (penyebab diare), Entamoeba hartamani (penyebab disentri), plasmodium (penyebab malaria), entamoeba gingivalis (penyebab radang mulut), dll. Teman Sehat pernah terjangkit salah satunya?

Gimana Teman Sehat, sudah bisa membedakan mikroorganisme-mikroorganisme penyebab penyakit? Yang terpenting kita harus berperilaku hidup sehat seperti rajin cuci tangan, memotong kuku, menggunakan sandal, dll agar terlindung dari makhluk kecil yang kerap bikin penyakit ini. Yuk, share tips gaya hidup sehatmu dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *