Ayo Rayakan Hari Pangan Sedunia dengan Cara Seru Ini!

Hai Teman Sehat! Hari Pangan Sedunia diperingati setiap tanggal 16 Oktober loh. Kamu berencana melakukan apa di Hari Pangan tahun ini?

hari pangan

“Pangan adalah persoalan hidup dan mati bangsa” –Ir Soekarno

Menyambut Hari Pangan, Indonesia punya acara menarik di Boyolali. Buat kamu yang ngga sempet hadir disana, jangan kehabisan ide. Merayakan Hari Pangan makin asyik jika bersama temanmu. Kita sebagai anak muda bisa ikut ngehits di hari pangan dengan banyak cara. Check it out!

1. Ajak temanmu makan pangan lokal

gambar-pangan-lokal1

 

Talas, singkong, jali-jali, hingga sorghum pasti udah ngga asing kan buatmu? Bahan makanan itu ngga bisa ditemukan dengan gampang di Indonesia, tapi juga menyimpan manfaat. Singkong misalnya, punya serat sehingga bisa menjadi sumber karbohidrat berindeks glikemik rendah dan menjaga kadar glukosa darah tetap rendah. Lokal, sehat, kurang apalagi? Kurang menikmatinya aja kan?

2. Coba sehari tanpa konsumsi terigu

terigu

Pada masa orde baru, Presiden Soeharto mendukung produksi mie terigu untuk mencapai ketahanan pangan. Tentunya teman sehat sudah ngga asing dengan terigu. Tepung ini bisa ditemukan hampir di setiap makanan bertepung yang kita konsumsi. Mulai dari gorengan hingga berbagai cake yang tersaji di cafe. Tapi, taukah kamu kalau terigu itu termasuk bahan impor? Yap. Mengurangi terigu berarti mengurangi impor.

3. Lengkapi momenmu dengan memasak pangan lokal

pangan-lokal

Konon katanya makan ngeriung (makan bersama) ala orang Sunda itu super seru. Apalagi kalo sajiannya dimasak bersama teman spesialmu. Lelahmu akan terbayar dengan nikmatnya makan bersama. Kamu bisa mencoba makanan khas daerah seperti kapurung dan sop ubi. Kali ini pun kamu bisa berkreasi ala anak muda. Semisal mie yang biasanya dari terigu, coba buat dari tepung jagung, tepung mocaf ataupun bahan lain yang tentunya lokal. Berani coba?

4. Kamu juga bisa berkebun

tanam-sayuran

Buat teman sehat yang hobi beraktivitas fisik cobalah berkebun. Dulu, menanam di pekarangan sudah jadi hobi nenek moyang. Jahe, terong, bunga turi bisa jadi salah satunya. Ajak keluargamu untuk menanam. Mau makan, tinggal petik, deh! Seru kan?

5. Share kegiatanmu agar menginspirasi

WhatsApp Image 2016-08-10 at 08.13.39

Rasanya tak lengkap tanpa mengabadikan momen indahmu. Cekrek, cekrek, cekrek. Tambah caption untuk mengajak teman virtualmu merayakan Hari Pangan. Sudah saatnya kan kita kembali ke pangan lokal Indonesia?

Bagaimana Teman Sehat? Sudah siapkah menyambut momen hari pangan? Mungkin kamu punya cara beda yang tak kalah seru? Jangan lupa share, ya. Let’s eat our local food!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *