Bahaya Kesehatan Dibalik Lezatnya Kuliner Keju Meleleh yang Harus Kamu Waspadai

Halo, Teman Sehat! Akhir pekan emang paling enak kulineran bareng temen-temen. Apalagi nyobain berbagai kuliner lezat yang bermandikan keju meleleh yang sekarang lagi in banget!

Sekarang resto, café, dan tempat makan lagi kreatif-kreatifnya memadukan menu makanan yang mereka jual dengan keju. Ibaratnya, sekarang semua juga di-keju-in, mulai dari menu daging dan ayam, martabak, kentang goreng, sampai mie instan pun ikut-ikutan di-keju-in.

Tapi dibalik kelezatan gurih dan lembutnya keju meleleh, ada bahaya kesehatan yang menghantui Teman Sehat. Mengapa?

Keju = Makanan tinggi lemak, kolesterol, dan natrium

Makanan berbahan dasar susu yang pertama kali ditemukan oleh bangsa Arab sekitar 4000 tahun yang lalu ini tinggi akan lemak, kolesterol, dan natrium. Keju seukuran 1 dadu kecil atau sekitar 35 gram setara dengan 125 Kalori termasuk di dalamnya 6 gram lemak. Masih belum terbayang?

Lemak dalam satu potong dadu keju sebesar ini

keju bahaya

setara dengan lemak yang dikandung oleh 2 butir kuning telur, 3 ekor cumi dan 10 butir bakso

Bayangkan berapa banyak keju dan lemak yang kamu konsumsi dalam satu hidangan ini?

Lezatnya Kuliner Keju Meleleh

Waspada!

Konsumsi lemak berlebih bisa menyebabkan kegemukan, bahkan obesitas, apalagi ditambah Teman Sehat yang jarang beraktivitas fisik. Tapi bukan cuma itu aja, lemak Image resultberlebih yang ngga bisa dimetabolisme tubuh nantinya akan beredar di darah dan bikin kadar lemak darahmu melonjak tinggi. Apa yang terjadi kalau kadar lemak darahmu tinggi?

Suatu saat, pembuluh darah akan tersumbat gumpalan lemak yang dibawa darah yang salah satunya ditandai dengan tekanan darah tinggi. Apalagi keju juga termasuk makanan yang tinggi akan natrium alias garam. Ngga berhenti di situ, kalau sumbatan lemak itu terjadi di jantung bisa menyebabkan penyakit jantung koroner dan bahayanya lagi, kalau lemak menyumbat pembuluh darah di otak, bisa sampai menyebabkan stroke.

Image result

Maka dari itu, Teman Sehat harus pinter-pinter memilih dan mengatur makanan apa yang mau dimakan, terutama kalau udah berurusan sama keju. Selain, pilih makanan yang aman buat kesehatan, tentunya juga aman untuk kantong karena biasanya kuliner dengan keju atau yang ada pilihan topping keju biasanya mahal! Kombinasiin makanan Teman Sehat dengan banyak sayur dan buah yang tinggi serat bisa pun jadi salah satu alternatif untuk mengimbangi asupan lemak dari makanan berselimut keju-mu.

Happy weekend, Teman Sehat! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *