Batasi 4 Camilan berikut Kalau ngga Ingin Jadwal Makanmu berantakan

Halo Teman Sehat! Punya jam makan yang teratur tentunya menjadi dambaan setiap orang. Ini ngga cuma baik buat agenda harianmu, tapi jadwal makan yang teratur juga baik buat metabolisme tubuhmu. Tapi, sayangnya banyak orang yang jadwal makannya ngga menentu bahkan udah memberikan dampak buruk terhadap tubuhnya seperti kegemukan dan masalah pencernaan. Apakah Teman Sehat salah satunya?

Idealnya, kita makan utama 3 kali sehari yaitu sarapan sebelum jam 9, makan siang sekitar pukul 12, dan makan malam sekitar jam 6. Untuk melengkapi kebutuhan zat gizi, kita juga dianjurkan untuk makan makanan kecil alias camilan atau snack sekitar pukul 10 pagi dan 3-4 sore. Nah, kebiasaan melewatkan jam makan utama biasanya membuat jadwal makan menjadi kacau. Selain itu, memilih camilan secara kurang bijak juga bisa bikin jadwal makan jadi berantakan. Teman Sehat harus bijak banget dalam memilih jenis camilan yang akan dikonsumsi supaya ngga terlalu kekenyangan saat jam makan utama tiba. Lima jenis camilan berikut harus Teman Sehat batasi supaya ngga mengganggu jadwal makan besar, apa aja?

1. Gorengan

Siapa sih yang ngga nagih dengan gurih, lezat, dan nikmatnya rasa gorengan? Camilan yang satu ini memang pas banget disantap disegala suasana. Tapi, Teman Sehat harus pikir-pikir ulang kalau mau makan gorengan disaat camilan pagi! Aneka gorengan seperti bakwan, pisang, tahu, tempe, sepotongnya mengandung 140 kalori (setara dengan 100 gram nasi) dan lebih dari separuh dari sumber kalori tersebut berasal dari lemak yang butuh waktu lama dicerna oleh tubuh. Nah, bayangin kalau Teman Sehat makan 5 biji gorengan buat cemilan, bisa-bisa jam makan siangnya bakalan kelewat!

2. Keripik

Camilan yang satu ini emang ngga terlepas dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Jenis keripik pun sangat bervariasi dengan pilihan rasa yang menggoda. Meskipun terkesan makanan ringan, jangan pernah anggap spele kandungan kalori yang terkandung dalam keripik. Nah, ditambah lagi kalau udah makan keripik biasanya susah banget diberhentiin kan? Dalam sebungkus keripik singkong yang berisi 28 gram terkandung sekitar 140 kalori. Teman Sehat juga harus berhati-hati dengan kandungan natrium di dalamnya karena keripik biasanya ditambahkan berbagai jenis bumbu dan penyedap.

3. Cake

Siapa sih yang ngga bakal tergoda dengan nikmatnya kue ditambah segelas teh saat coffee break? Tapi, kamu harus mulai berpikir ulang mengonsumsi camilan yang satu ini agar jam makanan utama mu ngga ke ganggu. Apalagi buat Teman Sehat yang sedang menjalani diet penurunan berat badan. Sepotong kue bolu bisa menyumbang sekitar 300 kalori loh, apalagi kalau kue bolunya dihias dengan coklat, krim, atau karamel, kalori pada camilan tersebut bisa jadi berlipat-lipat. Selain itu, kue juga mengandung mentega yang merupakan salah satu sumber lemak jahat.

4. Soda

Meskipun terkesan ringan, minuman yang satu ini dikenal sebagai hidden sugar alias mengandung gula tersembunyi. Dalam 1 kaleng minuman soda terkandung 140 kalori yang sebagian besarnya berasal dari gula sederhana. Minum minuman ini bisa menaikan kadar gula darah dalam waktu yang cepat tapi juga menyebabkan rasa lapar kemudiannya sehingga Teman Sehat akan lanjut makan camilan lainnya. Nah, kebiasaan minum soda juga dikaitkan dengan obesitas dan berbagai penyakit degeneratif lainnya. So, harus bijak dalam mengonsumsi minuman yang satu ini!

Nah, itulah beberapa jenis camilan yang harus Teman Sehat batasi dan perhatikan porsinya supaya ngga membuat kekenyangan di saat waktu makan utama tiba. Apa pilihan camilan sehatmu? Yuk, share dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *