Benarkah Minum Air Alkali itu Bermanfaat bagi Tubuh? Cari Tau Di Sini!

Halo Teman Sehat! Kamu pernah minum air alkali? Yap, air alkali yang banyak dikonsumsi kembali diperbincangkan terkait dengan manfaatnya bagi tubuh. Jadi, bener ngga sih kalau air alkali itu bermanfaat bagi tubuh? Yuk, cari tau di sini!

Teman Sehat, taukah kamu kalau metabolisme tubuh kita cenderung menghasilkan sifat asam (pH <7) yang harus dinetralkan? Yap, dalam beberapa komponen tubuh, sifat asam bisa berguna buat mencegah pertumbuhan bakteri. Tapi jika sifat asam mendominasi kondisi tubuh kita maka keseimbangan pH atau keseimbangan asam basa ngga akan terjadi. Ketidakseimbangan pH atau asam basa ini bisa menimbulkan beberapa dampak buruk kesehatan, Teman Sehat!

Masalah Kesehatan Akibat Ketidakseimbangan pH atau Asam-Basa Tubuh!

  • Penurunan massa otot
  • Gangguan proses enzimatis sel tubuh
  • Gangguan metabolisme
  • Penurunan pengambilan dan penghasilan oksigen
  • Penurunan faktor pertumbuhan
  • Pengeroposan tulang

Makanan berprotein di dalam tubuh cenderung menghasilkan asam sedangkan buah-buahan, sayuran, jus buah, dan kentang cenderung menghasilkan basa dalam tubuh. Tapi, sebuah penelitian tentang diet, evolution, and aging dalam European Journal of Nutrition pernah menyatakan kalau sekarang ini pola makan seseorang cenderung lebih banyak menghasilkan sifat asam. Kalau sifat asam ini ngga dinetralkan masalah kesehatan seperti di atas bisa terjadi, Teman Sehat!

Bagaimanapun, berbagai cara dilakukan agar keseimbangan pH tubuh ngga terlalu asam, salah satunya yang paling populer adalah meminum air alkali, Teman Sehat!

Beberapa penelitian menyatakan kalau gangguan kesehatan seperti sakit tulang punggung kronis serta pengeroposan tulang bisa diatasi dengan air alkali yang dinilai bisa meningkatkan pH darah dan magnesium di dalam sel yang menjadikan pH tubuh ngga lagi terlalu asam.

Tapi, systematic review lain ngga menyebutkan kalau air alkali bisa memperbaiki kesehatan tulang atau menjaga tubuh dari osteoporosis. Beberapa studi yang telah dilakukan hanya menyatakan hubungan air alkali dengan efeknya pada tulang, hormon pertumbuhan dan pengaktivan vitamin D namun belum ada penelitian yang menyatakan bahwa air alkali secara signifikan bermanfaat bagi tubuh secara keseluruhan.

Di Indonesia, di awal bulan November, Kementrian Kesehatan bahkan melarang adanya klaim kesehatan pada air-air alkali yang diproduksi oleh perusahaan ternama. Kemenkes melarang produk air alkali sebagai air kesehatan. Jadi, sebenarnya, bukti ilmiah manfaat air alkali belum dapat dipastikan secara komprehensif, Teman Sehat!

Kamu bisa mengonsumsi buah dan sayur yang gampang didapatkan dan lebih murah juga buat bantu menyeimbangkan pH atau asam-basa tubuh kamu, Teman Sehat! Jadi, rajin-rajin yuk makan buah!

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts