Berencana buat Naik Gunung? Simak 5 Tips Berikut Ini!

Halo Teman Sehat! Apakah akhir pekan ini kamu berencana buat naik gunung? Hobi naik gunung belakangan ini lagi hits dan banyak digemari kaum muda loh! Hal ini karena mendaki gunung ngga hanya baik buat kesehatan tetapi juga menawarkan pemandangan fantastis yang mungkin belum pernah kamu lihat

Tapi, mendaki gunung ngga bisa langsung jalan aja ya, apalagi buat Teman Sehat yang baru akan mulai mendaki, persiapan dan pemahaman yang baik merupakan hal yang wajib. Berikut 5 tips yang bisa Teman Sehat persiapkan sebelum naik gunung.

1. Mengetahui jumlah rombongan

Kamu pasti ngga mau ketinggalan atau ditinggalkan di rimba belantara kan? Oleh karenanya, mengetahui detail rombongan merupakan sesuatu yang penting. Selain itu, Teman Sehat bisa memperhitungkan keperluan perbekalan yang harus dibawa dan kapasitas teamwork dalam satu rombongan. Ingat, mendaki gunung juga soal teamwork loh!

2. Mengetahui jalur pendakian

Jalur pendakian mana yang mau Teman Sehat ambil dan gimana perkiraan waktu perjalanan hingga turun gunung merupakan hal yang wajib diketahui. Dengan memperhitungkan hal tersebut, Teman Sehat bisa menghitung jumlah logistik yang harus dibawa, jumlah barang serta peralatan, hingga waktu untuk melihat sunrise dan sunset yang mempesona. Tapi jangan lupa, perhitungkan juga waktu yang mungkin Teman Sehat butuhkan saat keadaan darurat seperti istirahat karena mengalami keletihan maupun hujan.

3. Memilih waktu untuk mendaki

Waktu untuk mendaki penting banget diperhatikan karena berhubungan dengan cuaca yang akan Teman Sehat alami. Tentu ada peralatan ekstra saat pendakian seperti gaiter saat musim kemarau dan jas hujan saat musim hujan.

4. Beri tahu orang terdekat

Jangan pernah melakukan pendakian tanpa memberitahukan orang tua atau keluarga. Penting juga buat memberitahukan tentang rencana perjalanan Teman Sehat termasuk perkiraan pulang ke rumah. Sehingga, kalau Teman Sehat belum kembali sesuai dengan waktu perencanaan, keluarga kamu bisa meminta bantuan dan mencari informasi mengenai keadaan Teman Sehat.

5. Berdoa dan briefing

Jangan lupa berdoa dan briefing mengenai rencana pemberhentian dan perkiraan waktu perjalanan sehari sebelum perjalanan, serta lakukan pemanasan sederhana sebelum melakukan pendakian. Hal ini karena pendakian merupakan olahraga berat yang membutuhkan tenaga dan kerja otot dan tulang yang baik. Maka alangkah baiknya sebelum perjalanan dimulai, Teman Sehat  dan team melakukan pemanasan singkat untuk meregangkan otot-otot.

Wah, ternyata melakukan pendakian juga perlu perisapan ya Teman Sehat. Tapi ini ngga sulit kok jika Teman Sehat dapat melakukan fungsi manajemen, perencanaan perjalanan, serta menjaga fisik dengan baik sebelum melakukan pendakian. Bagaimana menurut Teman Sehat? Yuk, tulis pendapatmu di kolom komentar!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *