Biotin, Si Senjata Kecantikan Alami

Halo Teman Sehat! Kamu tahu ngga sih alasan kenapa biotin penting banget bagi tubuh? Jawabannya, karena tanpa adanya biotin, tubuh kita ngga bakal bisa ngapa-ngapain. Biotin atau yang dikenal dengan vitamin B7 ini berperan sebagai koenzim yang dibutuhkan dalam metabolisme asam lemak, asam amino dan glukosa. Kalau ngga ada biotin, maka energi pun ngga akan terbentuk.

Selain itu, masih banyak manfaat biotin lainnya yang ngga kalah penting. Mulai dari meningkatkan fungsi kognitif, membantu menurunkan kadar gula darah, hingga sebagai penunjang kesehatan rambut, kuku dan kulit!

Senjata kecantikan

Kalau ngomong tentang kesehatan rambut, kuku dan kulit, ngga lengkap rasanya kalau ngga memasukkan biotin. Faktanya, biotin ini kadang juga disebut vitamin H,  di mana H mewakili kata ‘rambut dan kulit’ dalam bahasa Jerman, yaitu Haar & Haut.

Walaupun khasiat biotin dipercaya lebih ampuh diserap tubuh melalui konsumsi pangan, berbagai produk skincare dan haircare kerap menambahkan biotin ke dalam komposisinya. Sebetulnya, seberapa besar peran biotin dalam menjaga kesehatan rambut, kuku dan kulit? Lanjut ke penjelasan di bawah, yuk!

Defisiensi biotin

Keadaan kekurangan biotin sebenarnya merupakan kasus langka, karena selain terpenuhi melalui asupan makanan, biotin juga bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh. Tapi begitu seseorang mengalami kekurangan biotin, gejalanya yang timbul salah satunya bisa dilihat lewat kenampakan rambut, kulit dan kuku. Sebut saja itu rambut rontok, kulit kering iritasi, serta kuku pecah-pecah. Coba deh cek rambut, kulit, dan kuku Teman Sehat!

Penunjang infrastruktur keratin

Seperti yang udah disebutkan di atas, dampak kekurangan biotin salah satunya terlihat pada rambut, kuku dan kulit. Hal ini dikarenakan biotin berkaitan erat dengan pembentukan keratin. Keratin adalah jenis protein pembentuk rambut, kuku dan kulit. Tanpa adanya biotin, maka keratin pun ngga akan terbentuk sebagaimana mestinya. Jadi, sampai sini saja sebenarnya udah jelas gimana peran biotin sebagai ‘senjata kecantikan’, bukan?

Pernyataan ini diperkuat oleh hasil dari sebuah penelitian tahun 2015 yang menyatakan bahwa biotin berperan dalam pertumbuhkan rambut yang rontok. Dalam penelitian tersebut, beberapa subjek perempuan yang diberi suplemen yang mengandung biotin selama 90 hari terbukti memiliki pertumbuhan rambut yang lebih pesat dibandingkan dengan yang diberi placebo.

Di sisi lain, manfaat biotin untuk kulit (selain pembentuk keratin) adalah membantu menjaga kulit dari serangan jerawat, jamur, infeksi dan kerusakan kulit lainnya seperti kulit kering dan pecah-pecah. Cocok banget kan kalau vitamin yang satu ini digunakan sebagai senjata kecantikan alami?

Perlu diingat, meski kekurangan biotin merupakan kasus langka dan lebih mungkin terjadi pada golongan tertentu (seperti ibu hamil, perokok, dan seseorang yang mempunyai gangguan pencernaan), ngga ada salahnya kita turut menjaga asupan makan supaya kebutuhan tubuh akan biotin tetap terjaga. Biotin bisa diperoleh dari makanan seperti kuning telur, alpukat, kembang kol, berries, polong-polongan, ikan dan jamur. Nah, apakah makananmu hari ini sudah mengandung biotin?

 Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *