Buah Naga Merah VS Putih, Mana Yang Ber-Vitamin C Lebih Tinggi?

Halo Teman Sehat! Siapa sih yang ngga tau buah naga? Bukan hanya rasanya yang enak dan menyegarkan, buah naga juga tinggi vitamin C loh. Lalu, diantara buah naga merah dan putih, mana sih yang punya vitamin C lebih tinggi? Check it out!

Teman Sehat, kamu tau kan kalau di sekitar kita banyak sekali buah naga yang daging buahnya berwarna merah (Hylocereus undatus) dan buah naga berdaging buah putih (Hylocereus polyrhizus). Yap, buah naga merah emang cenderung terasa lebih manis dibandingkan dengan buah naga putih yang biasanya terasa manis agak asam.

Ternyata, selain rasanya yang berbeda, kandungan vitamin dari buah naga berdaging merah dan putih juga berbeda loh. Salah satunya adalah perbedaan kandungan vitamin C-nya, Teman Sehat!

Sebelumnya, apa sih gunanya vitamin C?

Yap, vitamin C adalah salah satu zat gizi yang berperan sebagai antioksidan. Peran ini efektif buat menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga berfungsi membantu penyerapan zat besi di dalam usus, menjaga kehalusan kulit serta bisa membantu mencegah berbagai penyakit seperti sariawan, skorbut, sampai anemia, loh Teman Sehat!

Lalu, buah naga mana yang kadar vitamin C nya lebih tinggi?

Menurut kamu, buah naga yang mana, Teman Sehat? Penelitian menyebutkan kalau setiap 100 gram buah naga putih mengandung sekitar 25 mg vitamin C sedangkan dalam buah naga merah terkandung sekitar 8-9 mg vitamin C.

Tapi, walaupun kandungan vitamin C pada buah naga merah itu lebih sedikit daripada buah naga putih, bukan berarti buah naga putih kurang bermanfaat bagi kesehatan, ya Teman Sehat! Secara umum, buah naga bisa membantu kamu buat mengontrol kadar gula darah, membantu mencegah kanker usus, membantu meningkatkan kerja saluran pencernaan, menguatkan fungsi ginjal dan tulang, menguatkan daya kerja otak, dan membantu meningkatkan ketajaman mata.

Buat kamu yang lagi diet, buah ini cocok banget buat kamu. Baah ini bisa membantu kamu buat menurunkan asupan lemak dan membantu menurunkan kadar kolesterol, Teman Sehat!

Jadi, sekarang kamu tau kan Teman Sehat buah naga apa yang bervitamin C lebih tingg? Yap, jawabannya adalah buah naga putih. Terlepas dari buah naga manapun yang Teman Sehat lebih sukai—merah atau putih—pastikan mengonsumsinya ngga berlebihan, ya Teman Sehat!

Editor & proofreader: Kurnia Dwi Juliani, S.Gz

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *