Cegah Photoaging dengan Gel Aloevera

Halo Teman Sehat! Jadi girls jaman now itu susah-susah gampang ya, apalagi buat menjaga kesehatan kulit. Paparan sinar UVA dan UVB pada kulit kerap menjadi tantangan tersendiri bagi para wanita yang menginginkan kulit sehat dan indah. Sayangnya, paparan sinar UV ini merupakan faktor utama penyebab photoaging.

Photoaging adalah penuaan dini yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Meskipun sinar UVB menyebabkan kerusakan kulit, tapi dalam kasus ini sinar UVA adalah pelaku utama dari penuaan dini tersebut.

Bagaimana sinar matahari bisa merusak kulit?

Sinar UVA menembus jauh ke dalam lapisan dermis kulit, dimana sinar tersebut merusak serat kolagen. Kerusakan ini menyebabkan peningkatan produksi elastin secara abnormal. Jumlah elastin yang ngga biasa ini menghasilkan produksi enzim yang disebut metalloproteinase. Enzim-enzim ini yang bertugas membangun kembali kolagen yang rusak. Karena proses ini terjadi secara berulang, dengan paparan UVA setiap hari, kulit yang terbentuk kembali menjadi keriput, dan hasil kolagen yang terkuras menyebabkan kulit menjadi kasar.

Apakah Aloe vera alias lidah buaya bisa mengatasinya?

Glukomanan anastilat dalam lidah buaya ditemukan sebagai polisakarida yang aktif secara biologi dan terbukti meningkatkan biosintesis kolagen. Nah, kalau sintesis kolagennya lancar, maka kulitpun mengalami peremajaan. Aloevera juga secara signifikan bisa mengurangi keriput dan meningkatkan elastisitas pada kulit manusia kita. Teman Sehat penasaran?

Ayo buat gel Aloe vera di rumah!

Orang bilang yang alami itu lebih baik dari pada yang buatan. Teman sehat bisa  loh membuat sendiri gel lidah buaya ini, caranya gampang dan ngga membutuhkan waktu yang lama. Simak ya langkah-langkah berikut!

  • Cuci tangan dulu ya biar bersih!
  • Pilih (daun) lidah buayayang tumbuh di bagian paling luar dari tanaman lidah buaya. Biasanya daun lidah buaya ini memiliki batang yang lebih besar dan otomatis mengandung banyak gel dalam kondisi yang masih baik dan segar.
  • Letakkan daun di dalam mangkuk dengan posisi tegak lurus dan biarkan resin yang berwarna kuning gelap mengalir keluar sampai habis. Resin tersebut mengandung getah yang dapat menyebabkan iritasi ringan pada kulit. Waktu yang dibutuhkan untuk mengeluarkan semua resin + 10 – 12 menit.
  • Kupaslah daun tersebut, kupas bagian kulit daun yang berwarna hijau secara perlahan. Pastikan untuk mengiris lapisan daging yang transparan untuk mendapatkan gel di baliknya.
  • Koreklah gel dengan menggunakan sendok dan pisahkan semua daging dan gel dari kulit daunnya sampai ngga ada yang tersisa.
  • Untuk mendapatkan konsistensi yang merata, Teman Sehat bisa memakai blender.
  • Finally, tuangkan gel ke dalam botol kaca bersih yang telah disterilkan. Dan, gel lidah buaya siap digunakan!

Cara menyimpan dan memperpanjang waktu simpan

Gel Aloe vera yang disimpan di dalam kulkas bisa bertahan 1 sampai 2 minggu. Jika ingin lebih lama, Teman Sehat bisa menambahkan pengawet alami berupa vitamin E 400 IU untuk setiap 60 ml gel. Gel yang sudah diberikan vitamin E ini bisa bertahan sampai beberapa bulan.

Nah, apakah Teman Sehat tertarik buat mencoba? Ngga usah pikir panjang ya, karena gel ini bisa berdampak baik buat kesehatan kulitmu. Jangan lupa nanti di share hasilnya dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *