Coba 4 Tips Berikut buat Ngilangin Masalah Bau Kaki!

Halo Teman Sehat! Bau kaki merupakan hal yang sangat sepele, tapi bisa jadi sangat mengganggu terutama bagi orang-orang yang kesehariannya menggunakan sepatu dan kaos kaki. Timbulnya bau kaki bisa disebabkan oleh kaki yang dibiarkan lembab dan basah apalagi pada saat musim hujan seperti sekarang ini. Selain itu, pemilihan kaos kaki yang ngga menyerap keringat menjadi salah satu timbulnya bakteri penyebab bau. Kebersihan pribadi yang kurang diperhatikan seperti mencuci kaki dengan rutin dan mengeringkan sepatu yang basah bisa menimbulkan masalah lain yaitu tumbuhnya jamur pada kaki.

Bau kaki akan tetap tertinggal loh di dalam sepatu meskipun sudah melepas dan mencuci kaki dengan sabun. Hal ini menjadi sangat ngga nyaman dan bahkan bisa membuat seseorang ngga percaya diri untuk membuka sepatu di tempat umum. Tapi, ternyata ada loh tips alami buat ngilangin bau kaki, penasaran?

1. Bubuk kopi

Biji kopi kaya akan antioksidan dan bisa dimanfaatkan buat penghilang bau.  Caranya simpel banget yaitu dengan mencampurkan minyak kelapa dan bubuk kopi. Lalu, rendam kaki dengan air hangat, kemudian gosokkan campuran bubuk kopi dan minyak kelapa pada kaki dan bilas. Cara ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan bau pada kaki. Ngga cuma buat ngilangin bau kaki loh, bubuk kopi saat ini banyak digunakan buat pengarum ruangan bahkan mobil.

2. Teh

Teh mempunyai aroma wangi yang menyegarkan dan menenangkan. Ada banyak banget jenis teh yang kita jumpai seperti teh hijau, teh hitam, teh oolong, teh putih, dll. Timbulnya bau kaki ternyata bisa dihilangkan menggunakan teh hitam. Caranya, rebus 1 liter air selama 15 menit, larutkan 1 kantong teh hitam ke dalam air rebusan, tambah 2 liter air dengan suhu normal, rendam kaki pada air teh tersebut selama 30 menit. Untuk hasil maksimal, lakukan secara rutin 2x/hari ya Teman Sehat!

3. Garam

Meskipun memiliki pamor sebagai penyedap, ternyata garam memiliki sisi lain yang belum diketahui banyak orang, salah satunya yaitu menghilangkan bau kaki. Garam memiliki efek antibakterial yang cocok buat menghilangkan bau kaki yang disebabkan oleh bakteri. Caranya mudah loh, yaitu tambahkan setengah cangkir garam kasar pada 1 liter air, kemudian rendam kaki dengan larutan garam tersebut. Jangan bilas kaki dengan air bersih, cukup dikeringin aja ya!

4. Baking soda

Baking soda bisa memberikan rasa basa pada kaki dan mencegah timbulnya bakteri. Cukup memcampurkan 1 sendok makan baking soda ke dalam air bersih kemudian rendam kaki selama 10 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Nah, semoga beberapa tips di atas bisa membantu Teman Sehat mengatasi masalah bau kaki. Kalau kamu punya tips lainnya, boleh banget di share dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *