Diet Mediterania Bisa Bantu Cegah Gangguan Sendi?

Halo Teman Sehat! Apakah kamu salah satu orang yang menerapkan Diet Mediterania? Menurutmu, apakah diet itu bisa bantu kamu jadi lebih sehat? Kalau iya, apa itu berhubungan dengan kesehatan sendi?

Istilah ‘Diet Mediterania’ berasal dari kebiasaan makan tradisional masyarakat daerah Mediterania. Diet yang lagi nge-hits ini ini dinilai sehat karena berhubungan dengan kesehatan jantung dan fungsi kognitif.

Sebuah studi terhadap tikus juga menunjukkan bahwa olive oil sebagai komponen penting dalam diet Mediterania berhubungan dengan penurunan risiko gangguan sendi, Teman Sehat. Nah, apakah manfaat ini juga bisa dirasakan oleh manusia? Yuk, cari tau di sini!

Gangguan sendi atau osteoarthriris (OA) biasanya terjadi seiring dengan penuaan. Saat menua, produksi bahan pembentuk tulang rawan seperti kolagen mulai menurun. Akibatnya, tulang dan tulang bisa saling bergesekan sehingga bisa sampai menimbulkan peradangan sendi.

Hubungan diet Mediterania dengan kesehatan sendi memang belum banyak dibicarakan. Tapi, baru-baru ini, ada sebuah studi yang dipublikasi oleh American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa diet Mediterania berhubungan dengan penurunan risiko gangguan sendi, Teman Sehat. Studi besar cohort yang dilakukan oleh Osteoarthritis Initiatives ini melibatkan cukup banyak responden, yakni 4470. JAMA Internal Medical pada tahun 2016 mempublikasikan studi yang juga menunjukkan adanya manfaat diet Mediterania terhadap kesehatan muskoskeletal. Hubungan ini bisa dijelaskan dengan berbagai alasan.

Hubungan diet Mediterania dengan osteoarthritis

Kejadian osteoarthritis diketahui disebabkan oleh adanya inflamasi. Lalu apa hubungannya, Teman Sehat? Yap, makanan dalam diet Mediterania ternyata memiliki peran antiinflamasi yang bisa menurunkan risiko osteoarthritis.

Selain itu, diet Mediterania ternyata juga berhubungan dengan penurunan risiko penumpukan radikal bebas yang bisa menimbulkan stress oksidatif. Diet ini juga diduga bisa meningkatkan produksi kolagen yang berasal dari makanan dari pola diet ini.

Manfaat pembantuan pencegahan osteoarthritis oleh diet Mediterania ini diduga dipengaruhi oleh kombinasi tingginya konsumsi sereal oleh mereka yang menerapkan diet Mediterania. Namun, masih belum cukup bukti bahwa konsumsi sereal itu berhubungan dengan penurunan risiko osteoarthritis.

Studi literature review lain menyebutkan bahwa manfaat dari diet Mediterania ini ditimbulkan dari kombinasi komponen pangan dalam pola diet Mediterania itu sendiri, Teman Sehat.

Nah, buat kamu yang masih menerapkan diet Mediterania, perhatikan juga ya kombinasi pangannya agar tetap seimbang dan sesuai dengan kebutuhanmu Teman Sehat!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *