Dosis Vitamin C yang Baik untuk Tubuh Kamu

Halo Teman Sehat! Gimana kabar kamu hari ini? Semoga tetap sehat dan semangat ya! Di musim pancaroba ini kamu harus tetap jaga kesehatan supaya ngga gampang sakit. Salah satu cara supaya ngga gampang sakit, kamu bisa mengonsumsi vitamin C, karena vitamin ini bisa menjaga kesehatan tubuh kamu. Sekarang ini, suplemen vitamin C banyak dijual dalam berbagai bentuk dan dosis. Supaya kamu ngga bingung gimana cara pilih dosis vitamin C yang baik, yuk simak penjelasannya!

Apa sih manfaat vitamin C?

Vitamin C atau asam askorbat termasuk jenis vitamin yang larut dalam air. Selain bisa menjaga kesehatan kamu, vitamin ini juga punya manfaat lain yaitu membantu pembentukan enzim dan kolagen.

Kamu tau ngga kolagen itu apa? Kolagen adalah protein yang berpengaruh pada  pembentukan struktur sel di jaringan ikat, seperti pada tulang, gigi, kulit dan urat otot. Karena itu vitamin C baik buat penyembuhan luka, patah tulang, pendarahan di bawah kulit dan gusi.

Kalau kamu kekurangan vitamin C, biasanya kamu akan mengalami gejala seperti cepat lelah, kurang nafsu makan, kulit, mulut dan mata yang kering, adanya warna kebiruan di bawah kulit, serta rontoknya rambut. 

Vitamin C di dalam tubuh

Saat kamu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti buah dan sayur, kandungan vitamin C yang sesuai kebutuhan akan langsung diserap oleh tubuh melalui usus halus. Tapi, kalau kamu mengonsumsi vitamin C 1g/hari atau 1000mg/hari dalam bentuk suplemen, akan berlaku hukum kebalikan.

Apa sih hukum kebalikan? Yaitu, kalau kamu mengonsumsi vitamin C lebih dari 500mg/hari, kadar vitamin C di dalam tubuh ngga akan meningkat dan ngga akan disimpan sebagai cadangan di tubuh, tapi akan dibuang bersama urin. Di dalam tubuh, kadar vitamin C akan meningkat jika terjadi gagal ginjal atau ada vitamin yang disuntikkan melalui pembuluh darah.

Gimana sih cara memilih dosis vitamin C yang baik?

Nah, Teman Sehat udah tau kan gimana cara vitamin C diserap oleh tubuh. Jadi, kalau kamu mau membeli suplemen vitamin C di pasaran yang mengandung dosis 50, 100, 250, 500 atau 1000 mg vitamin, kamu harus memperhatikan standar kebutuhan per harinya. Standar kebutuhan vitamin C per hari laki-laki dan perempuan beda loh Teman Sehat!

Untuk laki-laki, kebutuhan vitamin C nya sedikit lebih tinggi dari perempuan. Laki-laki usia 10-12 tahun bisa mengonsumsi 50 mg/hari, usia 12-15 tahun bisa mengonsumsi 75 mg/hari dan usia 16 tahun ke atas bisa mengonsumsi 90 mg/hari. Sedangkan untuk perempuan usia 10-12 tahun bisa mengonsumsi 50 mg/hari, usia 12-15 tahun bisa mengonsumsi 65 mg/hari dan usia 16 tahun ke atas bisa mengonsumsi 75 mg/hari.

Yuk cermati konsumsi vitamin C per hari kamu! Walaupun kelebihan vitamin C di dalam tubuh akan dibuang bersama urin, tapi kalau dikonsumsi dalam jumlah berlebih dan dosisnya tinggi tetap ngga disarankan ya, Teman Sehat!

 

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, S.Tp

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *