Green Coffee Bisa Turunkan Berat Badan? Cek Faktanya Di Sini!

Halo Teman Sehat! Sekarang ini, tren diet begitu beragam. Salah satunya, beberapa penelitian menyebutkan kalau Green Coffee diketahui bisa turunkan berat badan. Apa bener, Teman Sehat? Yuk kita cari tau faktanya di sini! Check this out!

Kopi jadi salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Aroma dan rasanya yang unik membuat para pecinta kopi sulit melewatkan minuman yang satu ini. Selain rasa dan aromanya yang buat kita ketagihan, kandungan stimulant pada kopi terkadang bisa buat kita makin segar atau ngga gampang ngantuk Teman Sehat!

Green Coffee Extract (GCE) akhir-akhir ini diketahui punya efek turunkan berat badan. GCE tidak mengalami proses pemanggangan dan masih mengandung asam klorogenat. Asam klorogenat ini dikenal bisa mendukung metabolisme lemak dan menghambat penyerapan glukosa dalam tubuh.

Penelitian pada hewan menunjukkan kalau asam klorogenat dan kafein dari green coffee bean bisa menurunkan lemak abdominal. Efek ini diakibatkan oleh peningkatan lipolisis atau lemak cenderung digunakan buat penghasilan energi.

Baca juga : Turunkan Berat Badan dengan 5 Olahraga Praktis di Rumah

Mekanisme efek pembakaran lemak atau fat burning ini dimulai dari penurunan penyerapan gula pada usus. Hal ini tentunya menjadikan glukosa di dalam darah juga mengalami penurunan, Teman Sehat.

Seiring dengan rendahnya jumlah glukosa di dalam darah, sekresi insulin juga menurun dan menstimulasi terjadinya pemecahan sel lemak di dalam tubuh. Selain itu, terjadi penghambatan G-6-fase yang bisa menghambat pelepasan glukosa dari hati dan memicu pemecahan lemak yang digunakan sebagai energi. Dengan demikian, cadangan lemak akan berkurang seiring dengan pemecahannya menjadi energi.

Baca juga : Yakin, Udah Minum Kopi di Waktu yang Tepat? Cek Faktanya di Sini

GCE juga diteliti mengandung 3-caffeoylquinic acid yang bisa meningkatkan katabolisme (pemecahan) lemak pada tikus. Selain itu, komponen kimia ini dinilai bisa menurunkan lemak hati dan white adipose yang cenderung berperan dalam penyimpanan lemak dalam tubuh.

Sebuah publikasi farmasi menyatakan kalau di Amerika Serikat, dosis penggunaan GCE masih diteliti. Selain itu, seseorang yang memiliki gangguan pencernaan kronis, hipertensi sebaiknya menghindari penggunaan GCE. Penelitian jangka panjang efek samping GCE masih dilakukan dan buat Teman Sehat yang tetap mau berbadan ideal, jangan pernah lupa Pedoman Gizi Seimbang dan rutin berolahraga juga ya, Teman Sehat!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *