Hai Girls, Ikuti Cara Berikut buat Mengecilkan Lingkar Perut!

Halo Teman Sehat! Perut yang ramping dan kencang pastinya menjadi dambaan setiap perempuan. Tapi sayangnya untuk menghilangkan lemak yang menumpuk di perut, terkesan sangatlah sulit. Apakah Teman Sehat sependapat?

Perlu Teman Sehat ketahui bahwa lemak yang menumpuk di area perut disebut sebagai lemak visceral. Lemak ini bahaya banget loh karena bisa menimbulkan risiko terjadinya sindrom metabolik, seperti naiknya gula darah dan tingginya tekanan darah. Lantas, gimana sih caranya buat mengatasi lemak yang satu ini?

1. Hindari makanan berlemak

Mulailah menghindari makanan yang tinggi kandungan lemaknya, terlebih yang kaya akan lemak jenuh. American Diabetes Association menyarankan agar kita membatasi asupan lemak total harian hingga 20-30% dari total kalori, jaga lemak jenuh (lemak hewani, minyak kelapa sawit dan makanan ringan dan makanan penutup olahan) menjadi kurang dari tujuh persen dan mencoba untuk menghilangkan lemak trans yang berbahaya sama sekali. Jika Teman Sehat terbiasa dengan makanan berlemak, jangan heran nanti perutnya makin lama makin maju.

2. Yakin mau ngecilin perut dengan sit up?

Menurut hasil riset olah raga ternyata menghilangkan lemak viseral lewat sit up  kalah efektif ketimbang olahraga ringan lainnya. Melakukan gerakan pada bagian tertentu tubuh seperti melakukan sit up bisa mengencangkan otot-otot perut, tapi ngga akan menghilangkan lemak viseral. 

3. Ganti makananmu menjadi lebih sehat!

Yuk, mulai diperhatikan pilihan makanannya! Cara menghilangkan lemak viseral lainnya misalnya dengan mengganti konsumsi roti putih dengan gandum dan gunakan minyak zaitun untuk memasak makanan. Menurut hasil penelitian, mengganti roti putih dengan gandum bisa mengecilkan pinggang hingga 3 inci. Adapun minyak zaitun yang mengandung lemak tak jenuh mampu memicu pembakaran lemak perut sehingga bisa mencegah penimbunan lemak di area tersebut.

4. Lakukan latihan kardio paling tidak 30 menit

Cobalah latihan training, jalan cepat, bersepeda atau aktivitas yang membuat detak jantung kamu meningkat. Selain itu, cobalah memasukkan beberapa latihan interval intensitas tinggi ke dalam rutinitas Anda. Sebuah studi di Universitas Virginia tahun 2009 menemukan bahwa jenis latihan ini bisa membakar keseluruhan lemak pada tubuh, termasuk lemak visceral dan sub kutan.

5. Jangan stres dan tetap optimis!

Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap meningkatnya lemak viseral antara lain stres, diet, dan kebiasaan berolahraga yang kurang, disamping faktor usia, etnis dan jenis kelamin. Menjalani gaya hidup sehat seperti mengurangi stres dan beban mental lainnya ternyata mengurangi kesempatan menumpuknya lemak viseral di rongga perut.

Nah, itulah 5 tips yang bikin perut buncitmu lama-kelaman bisa menyusut. Untuk menghilangkan lemak perut Teman Sehat memang harus ekstra sabar dan tekun untuk memperoleh hasil yang didambakan. Selamat mencoba ya Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *