Hati-Hati Posisi Duduk “W” pada Anak

Halo Teman Sehat! Pernahkah kamu menjumpai seorang anak duduk bersila membentuk huruf W? Parahnya, anak-anak tersebut sanggup duduk seperti itu hingga berjam-jam karena asiknya bermain. Tapi, sebagai orang tua kamu harus waspada loh! Duduk seperti itu memiliki dampak buruk terhadap perkembangan tulang.

Nah, kali ini kita akan bahas beberapa masalah kesehatan akibat posisi duduk W ini sekaligus solusi buat nak-anak agar ngga terulang kembali di kemudian hari.

1. Gangguan ortopedi

Kebiasaan anak duduk pada posisi ini dapat menyebabkan anak-anak menderita dislokasi panggul (displasia) yang merupakan kondisi cacat bawaan atau kelainan struktur tubuh yang disebabkan oleh keluarnya sendi panggul yang lemah dari tempatnya. Teman Sehat pasti ngga mau kan anaknya menderita gangguan ini?

2. Otot kaku

Posisi duduk W menyebabkan posisi beberapa otot di sekitar paha menjadi saling berdekatan yang pada akhinya dapat berakibat pada kekakuan otot atau terdeteksi mengalami pemendekan otot secara permanen.

3. Masalah neurologis

Saat seorang anak mengalami pertumbuhan massa otot berlebih (biasa disebut dengan hypertonia atau spasticity), posisi W akan mengakibatkan pertumbuhan gerak anak semakin abnormal, salah satu kondisi yang biasanya dihindari oleh banyak terapis otot.

Ada dua hal penting yang harus kamu ingat saat mengoreksi posisi duduk anak, di antaranya adalah menunjukkan perbedaan antara posisi W dan duduk dengan kedua kaki tertekuk di depan tubuh. Memperbaiki kebiasaan anak dengan cara menunjukkan mana posisi duduk yang tepat dan yang salah akan memudahkan anak untuk mengetahui batas kesalahan mereka.

Selain itu, berikan mereka waktu karena anak-anak perlu terbiasa, dan melenturkan ototnya agar mampu duduk dengan posisi yang tepat. Ajarkan juga si kecil buat melatih mengganti kaki mana yang berada di depan. Bila hari ini ia menekuk dengan kaki kirinya di depan, lain kali minta ia untuk menekuk kaki kanannya yang di depan. Sesekali ajak ia melenturkan otot punggung dan panggulnya pada posisi tersebut.

Posisi duduk “W” seringkali ngga kita sadari, namun dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, sudah seharusnya membuat kita khususnya orang tua untuk lebih melek lagi dengan kesehatan anak. Yuk, perhatikan kesehatan anak secara menyeluruh!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *