Ini Loh Cara Mudah Redakan Nyeri Saat Datang Bulan!

Halo Teman Sehat! Bagi kamu yang perempuan tentu ngga akan lepas dari yang namanya datang bulan. Bahkan, ngga sedikit yang merasakan nyeri setiap tamu bulanan ini datang. Banyak hal yang menyebabkan nyeri saat datang bulan, misalnya kondisi tubuh yang memang sedang kurang sehat atau karena stres dan banyak pikiran. Rasa sakit yang dialami umumnya berupa kram dan kembung di bagian perut, serta badan yang terasa pegal-pegal. Ngga jarang, kondisi ini juga memengaruhi kestabilan emosi dan perasaan. Ada yang suka marah-marah saat datang bulan?

Nah, agar nyeri datang bulan ngga berlarut-larut dan mengganggu keseharian, beberapa hal ini bisa Teman Sehat coba lakukan. Tanpa obat pereda nyeri, kamu tetap bisa melakukan aktivitas tanpa rasa sakit yang berarti loh. Yuk, cari tahu!

1. Air putih bisa jadi andalan saat tamu bulanan datang

Air putih memang juara. Terlihat sederhana, namun menyimpan manfaat luar biasa. Kamu yang sedang mengalami menstruasi, usahakan perbanyak minum air putih setiap hari. Kamu juga bisa minum air hangat untuk meningkatkan aliran darah ke kulit serta membantu merileksasikan otot. Simpel kan?

2. Hindari makanan cepat saji

Bila kamu termasuk orang yang senang mengonsumsi makanan cepat saji, cobalah untuk dikurangi terutama saat sedang menstruasi. Terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji bisa membuat nyeri datang bulanmu semakin menjadi. Hal ini karena makanan cepat saji cenderung lebih asin atau bahkan terlalu manis. Selain itu, gula dan lemak jenuh dalam makanan cepat saji juga dapat meningkatkan kadar estrogen, yang memicu gejala PMS.

3. Perbanyak makan sayuran hijau

Sayuran merupakan makanan sehat yang kaya manfaat. Teman Sehat yang selama ini malas makan sayuran, perlu membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini. Sayuran mengandung kalsium dan magnesium yang bisa membantu mengendurkan otot-otot hingga mengurangi rasa kembung dan kram saat tamu bulanan datang.

4. Nikmati manis dan segarnya pepaya sambil redakan nyeri saat datang bulan tiba

Buah yang satu ini memang menyegarkan dan mudah didapatkan dimanapun. Buah khas negara tropis ini kaya akan karoten dan vitamin A, C, serta enzim papain yang membantu melancarkan aliran darah selama datang bulan. Cobain deh!

Gimana Teman Sehat, gampangkan untuk redakan nyeri datang bulan tanpa obat-obatan? Yuk, kenali dan manfaatkan hal-hal sederhana dilingkungan kita! Jika kamu punya tips lainnya, boleh banget di share dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *