Inilah 4 Manfaat Vitamin C yang Perlu Kamu Tau

Halo Teman Sehat! Kalau kamu mendengar kata ‘vitamin C’, apa yang langsung terlintas di pikiranmu? Mungkin, sebagian dari kamu akan bilang ‘jeruk!’. Iya ngga?

Vitamin c

Ternyata, masih banyak sumber vitamin C selain jeruk

Pada umumnya, vitamin ini bisa kita dapatkan dari sayur dan buah, terutama yang rasanya asam, seperti jeruk, jambu, rambutan, nanas, pepaya, dan tomat. Ngga cuma itu, sayuran seperti daun singkong, sawi, dan daun kemangi juga merupakan sumber dari vitamin ini loh!

Apa saja sih manfaat dari vitamin C?

1. Membantu penyerapan zat Besi

Saat kamu mengkonsumsi makanan sumber zat besi non-heme, yaitu sumber zat besi yang bukan dari hewani, misalnya bayam atau kacang-kacangan, maka vitamin inilah yang membantu meningkatkan penyerapannya ke dalam tubuh karena tanpa vitamin C, zat besi dari sumber nonhewani ini akan sulit diserap. Dengan begitu, maka penyerapannya akan meningkat hingga mencapai 4 kali lipat. Jadi, akan baik kalau Teman Sehat memakan buah-buahan setelah memakan makanan sumber zat besi.

2. Mencegah infeksi

Vitamin C bisa meningkatkan daya tahan tubuh buat melawan infeksi dan membantu mempercepat penyembuhan penyakit, seperti flu. Hal ini terjadi karena vitamin ini membantu pembentukan sel darah putih yang berperan buat meningkatkan imunitas.

3. Berfungsi mensintesis Kolagen

Vitamin ini adalah bahan penting dalam pembentukan kolagen, yaitu senyawa yang memengaruhi kekuatan sel pada jaringan tubuh, seperti tulang rawan, gigi, pembuluh darah, dan otot. Maka dari itu, vitamin ini berperan dalam proses penyembuhan luka, patah tulang, dan perdarahan.

4. Mencegah kanker dan penyakit jantung

Vitamin C adalah antioksidan yang bisa mencegah terjadinya berbagai penyakit karena bisa melindungi sel dan jaringan dari kerusakan. Nah, kanker dan penyakit jantung adalah 2 penyakit yang diklaim bisa dihindari dengan konsumsi vitamin ini secara tepat.

Kalau gitu, baik dong konsumsi vitamin C terus menerus?

Walaupun vitamin ini sangat bermanfaat buat kesehatan tubuh, tetapi sebaiknya dikonsumsi sewajarnya ya, Teman Sehat!

Menurut Angka Kecukupan Gizi 2013, kecukupan vitamin C pada orang dewasa laki-laki cukup 90 mg dan perempuan 75 mg. Hamil, menyusui, luka, panas tinggi, atau suhu lingkungan yang tinggi, dan perokok meningkatkan kebutuhan akan vitamin ini.

Kelebihan vitamin C akan berisiko menimbulkan meningkatkan risiko batu ginjal. Nah, Teman Sehat, ayo konsumsi vitamin secara tepat! (agt&don)

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *