Inilah 5 Alternatif Pangan Lokal untuk MP-ASI yang Super

Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) wajib diberikan kepada bayi berusia 6-24 bulan loh, Teman Sehat! MP-ASI ini diberikan pada bayi agar gizi seimbang terpenuhi saat tumbuh dan berkembang.

Para ibu yang ngga mau repot biasanya membeli produk MP-ASI pabrikan. Tapi, apakah Teman Sehat tau kalau MP-ASI bisa dibuat dari bahan lokal yang ada di sekitar kita? MP-ASI ini disebut MP-ASI Lokal.

MP-ASI adalah makanan atau minuman yang mengandung zat gizi, diberikan kepada bayi atau anak usia 6-24 bulan guna memenuhi kebutuhan gizi selain dari ASI.” (Depkes RI, 2006)

Lalu, bahan apa sih yang bisa dipakai untuk makanan si kecil?

1. Beras

beras-merah

Bahan pangan ini sudah dikenal orang Indonesia. Tentu aja, karena beras termasuk makanan utama kita juga kan, Teman Sehat. Membuatnya pun mudah. Cukup dengan merebus sedikit nasi dengan air hingga menjadi bubur lembut. Teman sehat bisa memadukannya dengan sayuran. Protein beras ini aman buat si kecil karena tidak mengandung alergen seperti gluten pada terigu.

2. Ubi

Makanan Pendamping ASI

Pengolahan ubi untuk MP-ASI pada prinsipnya sama. Ubi dihaluskan dan diolah menjadi bubur agar sesuai dengan pencernaan si kecil. Selain sumber karbohidrat, ubi jalar mengandung beta karoten tinggi sehingga bisa menjadi sumber vitamin bagi si kecil.

3. Labu kuning

pumpkin-1004377_640

Apakah teman sehat pernah mengolah MP-ASI dengan labu kuning? Ini saatnya, bagi yang belum pernah. Labu kuning yang telah matang bisa langsung diolah. Buah dihaluskan dengan blender atau diparut, kemudian direbus dengan air. Labu kuning punya kandungan vitamin yang beragam sehingga baik untuk perkembangan bayi. Daya cerna protein labu kuning tinggi loh teman sehat. Otomatis gizi yang terserap tubuh lebih besar, kan?

4. Buah

banana-614090_640

Pada umumnya, buah pisang dan pepaya bisa digunakan sebagai MP-ASI. Pengolahannya menyesuaikan umur sang buah hati, ya Teman Sehat. Untuk usia 6-8 bulan sebaiknya diberikan dalam bentuk sari buah. Sedangkan di atas usia 9 bulan bisa dicincang halus.

5. Sayur

carrots-673184_640

Wortel dan bayam bisa dipilih untuk sumber sayuran. Prinsipnya sih cari sayuran yang memiliki tekstur lembut. Pengolahannya? Wortel bisa diparut dan bayam bisa dicincang halus sebelum dimasak dengan bahan lain seperti beras atau labu.

Sudah siapkah memproduksi makanan sehat untuk anak kamu nantinya? Yuk produksi MP-ASI di rumah. Banyak untungnya loh. Selain kamu bisa memberikan makanan yang bergizi, kamu juga bisa memastikan keamanannya. MP-ASI lokal bisa membantu si kecil mengenal variasi makanan.

Bisa berkreasi, makanan bergizi, aman, bervariasi dan sumbernya pangan lokal. Asik, kan?

Buat Teman Sehat yang punya resep kreasi MP-ASI, yuk share di kolom komentar! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *