Inilah 5 Keajaiban Serat di Dalam Tubuh!

Halo Teman Sehat!

Kalian udah tau belum kalau ternyata kanker saluran pencernaan terus meningkat di kalangan orang dewasa  loh, Teman Sehat! Yap, setelah diteliti, hal ini dipicu oleh konsumsi buah dan sayur yang kurang pada penderitanya. Buah dan sayur punya banyak serat juga berhubungan dengan penyakit kanker. Sebenarnya, apa sih serat itu? Dan apa saja sih keajaiban serat buat tubuh kamu? Yuk, Simak!

Kenalan sama Serat dulu Yuk!

Serat adalah salah satu karbohidrat yang ngga bisa dicerna oleh tubuh. Serat terdiri atas dietary fiber (serat pangan) dan functional fiber (serat fungsional). Gabungan dari serat pangan dan serat fungsional disebut total serat.

Dari mana saja kamu bisa dapatkan serat?

Serat pangan menjadi serat yang banyak kita temukan loh, Teman Sehat! Nah, serat pangan dibagi jadi dua yaitu serat ngga larut air, dan serat larut air. Serat ngga larut air bisa kamu dapatkan dari gandum, bekatul, rye, nasi merah, dan sayuran sedangkan serat larut air banyak ada pada apel, pisang, buah jenis sitrus, apel, oat, barlet, psyllium seeds dan buncis. Diantara makanan itu, mana yang jadi kesukaan kamu, Teman Sehat?

Sebenernya, apa sih bedanya serat tidak larut air dan serat larut air?

Perbedaan keduanya, bisa dilihat salah satunya dari manfaatnya. Serat tidak larut air bisa meningkatkan masa feses dan mempersingkat waktu singgah feses saat melewati saluran pencernaan sehingga bisa bantu kamu cegah sembelit, Teman Sehat!

Kalau serat larut air, ini bisa bantu menurunkan penyerapan gula di dalam darah. Selain itu, ada lagi loh 5 manfaat utama serat yang sangat baik buat tubuh kamu, Yuk, Cek!

5 Manfaat Utama Serat bagi Tubuh:

1. Bantu menurunkan kolesterol

Normalnya, serat bisa membawa garam empedu keluar bersama feses. Semakin banyak garam empedu yang dikeluarkan itu berarti jumlah simpanan kolesterol di dalam tubuh juga bisa semakin berkurang, Teman Sehat. Kamu ngga mau kan punya tubuh yang jadi tempat penumpukan kolesterol?

2. Menurunkan laju penyerapan gula ke dalam darah

Yap, konsumsi serat larut air yang cukup ternyata bisa bantu menurunkan laju penyerapan gula ke dalam darah, loh Teman Sehat. Dengan demikian, tentunya hal ini bisa bantu menurunkan kadar gula darah dan menurunkan stimulasi aktifitas pembentukan lemak di dalam tubuh.

3. Produksi short chain fatty acid ( SCFA) di dalam usus besar.

Yap, Teman Sehat pasti udah ada yang tau kan manfaat serat dalam hal ini. Serat bisa terfermentasi di dalam usus besar dan menghasilkan SCFA (asetat, propionate, dan butirat). SCFA ini bisa bantu menghambat pembentukan kolesterol dan lemak melalui hati juga loh!

4. Bantu menurunkan risiko kanker usus

Serat tidak larut air bisa mempersingkat waktu singgah feses di dalam usus sehingga mampu membantu mencegah bertumbuhnya bakteri tertentu yang berpotensi menghasilkan toksin pemicu kanker.

5. Mengontrol berat badan

Siapa diantara kalian yang belum punya BB ideal?

Manfaat serat yang bisa memperlambat laju penyerapan darah serta menghambat aktifitas pembentukan lemak secara ngga langsung bisa bantu kamu buat mengontrol berat badan, loh Teman Sehat! Pasti kamu mau kan punya badan yang ideal?

Terus, berapa sih jumlah serat yang kita butuhkan dalam sehari? Hal ini penting kita ketahui juga loh.

The American Dietetic Association (ADA) merekomendasikan 20-35 gram serat per hari untuk dewasa dan hitungan jumlah usia ditambah 5 gram serat per hari untuk anak-anak.

Jumlah ini bisa dipenuhi dengan tiga kali makan makanan bergizi seimbang sesuai kebutuhan, olahraga rutin, dan usahakan buat konsumsi buah 200-300 gram per hari nya, juga ya Teman Sehat! (dwi&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *